Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI PEMASARAN PRODUK ABON IKAN TUNA DIMASA PANDEMI COVID-19 PADA UMKM BINTANG SURAYYAH KOTA PALU
Nama: DITA SEPTIANI
Tahun: 2022
Abstrak
Situasi dimasa pandemi saat ini, produksi abon ikan tuna di UMKM Bintang Surayyah mengalami penurunan karena aktivitas yang terkait dalam penjualan offline dibatasi untuk mengurangi penularan Covid-19. Kondisi tersebut merubah pola pembelian konsumen, yang biasanya para konsumen datang untuk membeli langsung di Toko tetapi saat ini di masa pandemi Covid-19 sebagian para konsumen melakukan pembelian melalui online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam menjalankan strategi pemasaran produk abon ikan tuna dimasa Pandemi Covid-19 dan bagaimana strategi pemasaran produk abon ikan tuna dimasa Pandemi Covid-19 pada UMKM Bintang Surayyah di Kota Palu. Penentuan responden ditentukan secara sengaja (Purposive). Jumlah responden 6 yang terdiri dari 1 orang pemimpin, 1 orang karyawan, 2 orang konsumen, 1 orang Dinas Perindustrian, Perdagangan Kota Palu dan 1 orang Pesaing. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis SWOT. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa pemasaran produk abon ikan tuna pada UMKM Bintang Surayyah berada pada strategi WT yaitu kuadran IV, dimana pada posisi ini menciptakan strategi yang menggunakan kekuatan internal dan peluang ekternal usaha untuk dimanfaatkan dengan baik. Alternatif strategi yaitu (a) Menambah teknologi yang lebih moderen agar dapat bersaing dengan UMKM lainnya, (b) maupun produk sejenis lainnya. Meningkatkan promosi dalam pemasaran sehingga dapat meminimalisir penurunan pendapatan dimasa pandemi Covid-19 yang diperkirakan akan berlangsung lama, (c) Meningkatkan adanya kegiatan promosi di setiap media sosial sehingga pemanfaatan media sosial lebih maksimal.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up