JudulStrategi Pengembangan Usaha Abon Ikan Tuna Dimasa Pandemi Covid-19 Pada UD. Bintang Surayyah Di Kota Palu |
Nama: NINING KRISDAYANTI |
Tahun: 2022 |
Abstrak STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA ABON IKAN TUNA DIMASA PANDEMI COVID-19 PADA UD. BINTANG SURAYYAH DI KOTA PALU Business Development Strategy Abon Tuna Fish During The Covid-19 Pandemic In UD. Bintang Surayyah In Palu City Nining Krisdayanti1), Alimudin Laapo 2), Dafina Howara2) 1)Mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako 2)Dosen Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako E-mail : niningkrisdayanti174@gmail.com, alilaapo73@gmail.com, dafina.howara@gmail.com ABSTRACT The situation during the current pandemic, the production of shredded tuna at UD. Bintang Surayyah experienced a decline because activities related to offline sales were limited to reduce the transmission of Covid-19. This study aims to find out what alternative strategies are appropriate to be applied in the development of shredded tuna production during the Covid-19 Pandemic at UD. Bintang Surayyah in Palu City. Determination of respondents is determined intentionally (purposive). The number of respondents is 6 consisting of 1 leader, 1 employee, 2 consumers, 1 Department of Industry and Trade of Palu City and 1 competitor. The analysis used in this study is SWOT analysis. The results of the SWOT analysis showed that the business development of shredded tuna at UD. Bintang Surayyah is in the SO strategy, namely quadrant I, where in this position creates a strategy that uses strengths to take advantage of opportunities. Alternative strategies, namely, utilizing cooperative relationships and government support in expanding marketing distribution networks, maintaining product quality in a wide market share, utilizing attractive product packaging, and maintaining distinctive flavors in order to seize opportunities through the development of promotional media, and take advantage of product prices. cheap and always maintain product quality. Keywords : SWOT, Development Strategy, Tuna Fish Shredded Business, Pandemic Covid-19. ABSTRAK Situasi dimasa pandemi saat ini, produksi abon ikan tuna di UD. Bintang Surayyah mengalami penurunan karena aktivitas yang terkait dalam penjualan offline dibatasi untuk mengurangi penularan Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi alternatif apa yang tepat untuk diterapkan dalam pengembangan produksi abon ikan tuna dimasa Pandemi Covid-19 pada UD. Bintang Surayyah di Kota Palu. Penentuan responden ditentukan secara sengaja (Purposive). Jumlah responden 6 yang terdiri dari 1 orang pemimpin, 1 karyawan, 2 konsumen 1 Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palu dan 1 Pesaing.. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis SWOT. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa pengembangan usaha abon ikan tuna pada UD. Bintang Surayyah berada pada strategi SO yaitu kuadran I, dimana pada posisi ini menciptakan strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Alternatif strategi yaitu, Memanfaatkan hubungan kerjasama dan dukungan pemerintah dalam memperluas jaringan distribusi pemasaran, mempertahankan kualitas produk pada pangsa pasar pasar yang luas, memanfaatkan kemasan produk yang menarik, serta menjaga cita rasa yang khas guna menangkap peluang melalui perkembangan media promosi, dan memanfaatkan harga produk yang murah dan selalu mempertahankan kualitas produk. Kata Kunci : SWOT, Strategi Pengembangan, Usaha Abon Ikan Tuna, Pandemi Covid-19. |