JudulStrategi Pemasaran Usaha Jamur Tiram Pada Industri Sumber Urip Jamur Di Kota Palu |
Nama: ANJAS SASMITA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Produksi jamur tiram sangat dipengaruhi oleh teknik budidaya untuk mendapatkan produk yang berkualitas. Besar kecilnya perusahaan, ketersediaan modal, harga jual produk, ketersediaan tenaga kerja, serta tingkat pengetahuan dan pengalaman petani. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran jamur tiram yang tepat pada Industri Sumber Urip Jamur di Kota Palu. Penentuan responden ditentukan secara sengaja (Purposive). Jumlah responden 6 yang terdiri dari 1 orang pemimpin, 1 orang karyawan, 3 orang konsumen dan 1 orang Pesaing. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis SWOT. Hasil analisis SWOT menunjukan bahwa strategi pemasaran jamur tiram pada industri Sumber Urip Jamur di Kota Palu berada pada strategi WO yaitu kuadran III, dimana pada posisi ini industri menciptakan strategi meminimalkan kelemahan internal usaha untuk memanfaatkan peluang yang ada. Strategi WO yaitu : (a) Berinovasi dengan melakukan penganekaragaman produk menjadi produk turunan dan menjalin kerja sama dengan perusahaan/umkm yang mengolah hasil jamur tiram (b) Meningkatkan promosi melalui pemanfaatan media online dan mengikuti event dengan memanfaatkan jangkauan pemasaran yang masih bisa diperluas, seperti delivery order yang memudahkan orang untuk membeli jamur tiram (c) Menambahkan / pengadaan fasilitas seperti alat vacum sealer untuk mensiasati kualitas jamur tiram yang tidak tahan lama. |