Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Pemasaran Sambal Roa Pada UD. Bintang Surayyah Di Kota Palu
Nama: NIRMA WATI
Tahun: 2025
Abstrak
RINGKASAN Nirma Wati (E321 18 092). Analisis Pemasaran Sambal Roa pada UD. Bintang Surayyah di Kota Palu (Dibimbing oleh Wildani Pingkan S. Hamzens dan Wira Hatmi, 2025) UD. Bintang Surayyah merupakan industri yang terletak di Kota Palu. UD Bintang Surayyah berdiri pada tahun 1997 sampai sekarang bergerak dalam bidang pengolahan makanan oleh-oleh khas Palu seperti sambal ikan roa. Upaya meningkatkan dan mengembangkan daya saing maka perlu adanya proyeksi yang jelas dan terencana mengenai prospek pemasaran sambal roa, sehingga dapat mengetahui dan memperhitungkan peluang pasar dan masalah yang akan dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prospek pemasaran sambal roa, bagaimana bentuk saluran pemasaran sambal roa, berapa margin pemasaran sambal roa, dan berapa nilai efisiensi pemasaran Sambal Roa pada UD. Bintang Surayyah di Kota Palu. Penelitian ini dilaksanakan pada UD. Bintang Surayyah dengan mengambil responden atau informan, yaitu pemilik UD. Bintang Surayyah, karyawan UD. Bintang Surayyah, konsumen, dan pedagang pengecer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran Sambal Roa pada UD. Bintang Surayyah terdiri atas 2 saluran, yaitu : 1. Produsen – Pedagang pengecer – Konsumen akhir 2. Produsen – Konsumen akhir. Margin pemasaran sambal ikan roa pada saluran pemasaran I yaitu Rp. 5.000/150 gram dan margin pemasaran sambal ikan roa pada saluran II tidak ditemukan margin pemasaran karena tidak ada lembaga pemasaran yang terlibat dalam memasarkan produk sambal ikan roa. Efisiensi saluran pemasaran I sebesar 1,458%, dan saluran pemasaran II sebesar 1,057%, dari kedua nilai efisiensi pada saluran tersebut maka dapat dinyatakan bahwa saluran pemasaran yang lebih efisien yaitu saluran pemasaran kedua.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up