JudulStrategi Pemasaran Telur Ayam Ras Pada Usaha CV Belona Mandiri Di Desa Kalukubula Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi |
Nama: SITI SAHRA A HI ADI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Telur merupakan salah satu bahan pangan yang paling bergizi dan dapat disiapkan dalam berbagai bentuk olahan. Telur merupakan bahan pangan yang sempurnah karena tersusun dari zat-zat gizi dibutuhkan oleh mahluk hidup seperti protein, lemak dan karbohidrat serta mineral dalam jumlah yang cukup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi lingkungan eksternal dan internal Usaha Telur ayam ras. Penentuan responden dalam penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive), Jumlah responden 6 yang terdiri dari 1 orang pimpinan, 2 orang karyawan, 2 orang konsumen, dan 1 dari dinas peternakan Kota Palu. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskripsi dan analisis SWOT. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa pemasaran Telur Ayam Ras pada CV Belona Mandiri berada pada strategi ST yaitu kuadran II, dimana pada posisi ini mengatasi ancaman yang ada dengan cara menggunakan kekuatan yang dimiliki. Alternatif strategi yaitu (1) Mempertahankan permintaan telur guna mengantisipasi persaingan dengan usaha yang sama, (2) Memanfaatkan tempat pemasaran guna mengantisipasi adanya pesaing dengan usaha yang sama, (3) Menjaga ketersediaan sarana informasi dan mempertahankan kapasitas produksi guna mengantisipasi ancaman terjadinya harga bahan baku berfluktuasi. Kata Kunci: SWOT, Strategi pemasaran, Produk Telur Ayam Ras |