Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KOPI JAHE PADA IKM “SAL-HAN” DI KOTA PALU
Nama: NADIA
Tahun: 2022
Abstrak
RINGKASAN Nadia (E 321 18 025). Strategi Pengembangan Usaha Kopi Jahe Pada IKM “Sal- Han” di Kota Palu. (dibimbing oleh Wildani Pingkan S Hamzens dan Al. Alamsyar, 2022). Kapasitas produksi Kopi Jahe pada IKM “Sal-Han” pada bulan januari sampai desember tahun 2021 mengalami fluktuasi. Hal ini disebabkan karena inplansi kenaikan harga bahan baku, ketika harga bahan baku naik, kapasitas produk turun dan harga jual Kopi Jahe meningkat pada saat yang bersamaan daya beli masyarakat menurun karena tingginya harga Kopi Jahe. Hal inilah yang menjadi salah satu ancaman bagi IKM “Sal-Han”. Oleh karena itu perusahaan harus mampu mengambil strategi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi faktor internal (Kekuatan-Kelemahan) dan faktor eksternal (Peluang-Ancaman) dalam mendukung pengembangan usaha kopi jahe pada IKM “Sal-Han”. Penentuan responden ditentukan secara sengaja (Purposive). Jumlah responden 6 yang terdiri dari 1 orang pimpinan, 2 orang karyawan, 2 orang konsumen, dan 1 orang dinas perdagangan dan perindutrian Kota Palu. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskripsi dan analisis SWOT. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa pengembangan usaha kopi jahe pada IKM “Sal-Han” berada pada strategi ST yaitu kuadran II, dimana pada posisi ini mengatasi ancaman yang ada dengan cara menggunakan kekuatan yang dimiliki. Alternatif strategi yaitu (1) Memaksimalkan penggunaan modal dalam pembelian bahan baku, (2) Mempertahankan cita rasa yang khas guna mengantisipasi perubahan selera konsumen dan menghadapi persaingan dengan IKM sejenis, (3) Memanfaatkan kemasan produk menarik serta cita rasa yang khas guna mengantisipasi persaingan akibat adanya produk substitusi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up