Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Pemasaran Kelapa Dalam Di Desa Meli Kecamatan Balaesang Kabupaten Donggala
Nama: FIRDAYANTI
Tahun: 2022
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian harga yang diterima petani serta efisiensi pemasaran kelapa dalam di Desa Meli Kecamatan Balaesang Kabupaten Donggala. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan Maret 2022. Metode penentuan responden yaitu metode acak sederhana (Simple Random Sampling) dengan jumlah sampel sebanyak 33 orang petani dari total populasi sebanyak 125 orang. Sampel pedagang dilakukan dengan metode snowball sampling sehingga diperoleh 2 orang pedagang pengumpul dan 1 orang pedagang besar, maka jumlah keseluruhan responden sebanyak 36 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 2 saluran pemasaran kelapa dalam di Desa Meli yaitu: (1) Saluran I: petani – pedagang pengumpul – pedagang besar – konsumen, (2) Saluran II: petani – pedagang besar – konsumen. Saluran I memiliki margin sebesar Rp.1.300/kg dan farmer’s share sebesar 60,6%, saluran II memiliki margin sebesar Rp.700/kg dan untuk farmer’s share sebesar 78,8%. Efisiensi pemasaran pada saluran I yaitu 30,91% sedangkan tingkat efisiensi pada saluran II yaitu 28,64%. Dari kedua saluran tersebut secara keseluran saluran II memiliki margin terkecil, bagian harga terbesar dan nilai efisiensi paling kecil hal ini mengindikasikan bahwa saluran pemasaran yang pendek lebih efisien dari saluran yang panjang, sehingga saluran pemasaran II lebih efisien dibandingkan saluran pemasaran I. Kata Kunci : Kelapa Dalam, Saluran Pemasaran, Farmer’s Share, Efisiensi Pemasaran.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up