JudulSTRATEGI PENGEMBANGAN USAHA ABON IKAN TUNA DIMASA PANDEMI COVID-19 PADA UKM MUTIARA KOTA PALU |
Nama: NUR HAYATI H. ABU BAKAR |
Tahun: 2023 |
Abstrak Kebijakan yang diberlakukan akibat dari pandemi Covid-19 menyebabkan adanya perubahan perilaku konsumen dan berdampak terhadap berbagai sektor salah satunya industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal serta penentuan strategi bagi pengembangan usaha abon ikan tuna dimasa pandemi Covid-19 pada UKM Mutiara Kota Palu. Responden ditetapkan sebanyak 5 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas data primer dan data sekunder dengan menggunakan metode analisis SWOT. Berdasarkan tahapan dalam analisis SWOT, didapatkan nilai untuk hasil pengurangan faktor Intenal (IFAS) yaitu 1,36 – 1,22 = 0,14 yang dijadikan sebagai sumbu Horizontal atau sumbu X. Sedangkan hasil pengurangan faktor Eksternal yaitu 1,05 – 1,25 = -0,2 yang dijadikan sebagai sumbu Vertikal atau sumbu Y. pada Diagram SWOT menunjukkan posisi strategi untuk pengembangan usaha abon ikan tuna dimasa pandemi Covid-19 pada UKM Mutiara Kota Palu berada pada kuadran II yaitu pada posisi strategi kekuatan – ancaman (ST). |