JudulANALISIS BAURAN PEMASARAN TERHADAP PENJUALAN ROTI SEBELUM DAN PADA MASA PPKM COVID-19 (STUDI KASUS DI INDUSTRI RUMAH TANGGA "AISYAH BAKERY") |
Nama: WIDAT RAMADHANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, tempat, dan promosi) terhadap penjualan roti sebelum dan pada masa PPKM Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan pada Industri Rumah Tangga Aisyah Bakery yang terletak di jalan Dirgantara, Kelurahan Birobuli Utara, Kecamatan Palu Selatan. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purpossive dengan pertimbangan bahwa, Industri ini merupakan salah satu industri roti yang memiliki permasalahan dibidang pemasarannya. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan yakni dari bulan Oktober - November 2021. Analisis yang digunakan dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran penjualan dari segi produk, harga, tempat dan promosi, yaitu: (1) Produk yang ditawarkan Aisyah Bakery berkualitas, dari segi rasa dan bahan baku yang digunakan sudah dapat bersaing dari bisnis serupa.(2) Harga yang di jualkan oleh Aisyah Bakery sangat terjangkau oleh kalangan masyarakat. (3) Tempat, industri ini menjual produk secara langsung di rumah produksi dan menjual tidak langsung yaitu melewati sales. (4) Promosi yang dilakukan hanya melewati penjualan langsung kepada konsumen yang dilakukan oleh sales, sehingga promosi yang dilakukan kurang efektif. Pada masa pandemic khususnya di masa PPKM Covid-19 Produk, Tempat, dan Promosi berpengaruh terhadap penjualan sedangkan Harga tidak berpengaruh terdahap penjualan pada masa pandemic dan PPKM Covid-19. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, PPKM Covid-19, Aisyah Bakery. |