JudulSTRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERIPIK SUKUN PADA INDUSTRI “CITRA LESTARI PRODUCTION” DI KOTA PALU |
Nama: MAULANA YUSUF |
Tahun: 2024 |
Abstrak RINGKASAN Maulana Yusuf (E321 17 343) Strategi Pengembangan Usaha Keripik Sukun Pada Industri Citra Lestari Production di Kota Palu. Dibimbing oleh Dafina Howara, dan Al Alamsyar. Industri Citra Lestari Production adalah salah satu Industri yang menghasilkan beberapa olahan produk ole-oleh khas palu salah satunya produk keripik sukun. usaha keripik sukun memiliki potensi untuk dikembangkan, karena pemintaan produk yang terus meningkat dan juga adanya dukungan dari pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan yang tepat untuk usaha Keripik Sukun pada Industri Citra Lestari Production di Kota Palu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juli 2022 di Kota Palu pada Industri Citra Lestari Production yang beralamat di Jalan Kimaja No. 09 Kelurahan Besusu, Kecamatan Palu Timur. Penentuan lokasi ini melalui pencarian secara sengaja (porposive) dengan pertimbangan bahwa Industri Citra Lestari Production merupakan industri penghasil Keripik Sukun di Kota Palu. Penentuan responden dilakukan secara sengaja (purposive) sebanyak 6 orang yang dipilih dari pihak-pihak internal dan eksternal. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT (Strenghts, weaknesess, Opportunities, Treaths). Hasil kualifikasi antara faktor internal dan faktor eksternal yang berada pada Industri Citra Lestari Production akan di formulasikan pada diagram SWOT untuk mengetahui letak kuadran Industri Citra Lestari Production.Titik tersebut dapat dijadikan acuan dalam menentukan perumusan strategi dilihat dari sisi letak kuadrannya. Berdasarkanhasil dari perhitungan dari faktor internal dan faktor eksternal, diperoleh hasil pengurangan dari total skor faktor kekuatan dan total skor faktor kelemahan sebagai sumbu X yaitu sebesar 2,057 sedangkan hasil pengurangan dari total skor peluang dengan total skor ancaman sebagai sumbu Y yaitu sebesar 1,306. Berdasarkan hasil analisis lingkungan internal dan ekternal pada strategi pengembangan Keripik Sukun Industri Citra Lestari Production dapat digunakan pendekatan melalui matriks SWOT untuk mengetahui hasil alternatif strategi yang dapat digunakan oleh Industri Citra Lestari Production.Bedasarkan diagram analisis SWOT maka penerapan strategi usaha Keripik Sukun Industri Citra Lestari Production menggunakan strategi S-O, yaitu menggunakan trategi agresif yang memanfaatkan seluruh kekuatan internal perusahaan untuk mendaptkan semua peluang yang ada. |