JudulSTRATEGI PEMASARAN TELUR AYAM RAS DI UD. RESKY KABUPATEN SIGI |
Nama: NUR INTAN |
Tahun: 2024 |
Abstrak STRATEGI PEMASARAN TELUR AYAM RAS DI UD. RESKY KABUPATEN SIGI MARKETING STRATEGY OF BREED CHICKEN EGG AT UD. RESKY SIGI DISTRICT Nur Intan1), Sulaeman2), Nurmedika3) 1). Mahasiswa Program Studi Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako 2). Dosen Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako 3). E-mail :intankim093@gmail.com sulaeman6976@gmail.com nurmedika@yahoo.com ABSTRACT This research aims to determine marketing strategies that are appropriate to the external and internal environmental conditions of purebred chicken egg breeders at UD. Resky, Sigi Regency. The research was carried out from February 2024 to March 2024. The determination of respondents was carried out purposively by means of interviews using a list of questions (Questionaire) and Observation of 5 respondents, namely 1 leader of UD breed chicken eggs. Resky 2 employees of UD breed chicken eggs. Resky and 2 consumers of UD breed chicken eggs. Resky and the data analysis method used is SWOT analysis. The results of the research are: Condition of factors for the development of UD Animal Husbandry. Resky, namely internal factors (strengths: affordable prices, no use of preservatives, means of transportation, short distribution channels. Weaknesses: not yet good promotion, production is still low, shortage of raw materials), and external factors (opportunities: market available, consumer perception is good good, product demand increases. Threats: raw material prices, consumer purchasing power decreases, and the presence of competitors). The right strategy to implement to support the marketing of the UD Resky Livestock business is to use the S-O strategy. Keywords : Egg Marketing Strategy UD. Resky ABSTRAK ?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi lingkungaan eksternal dan internal peternak Telur Ayam Ras di UD. Resky Kabupaten Sigi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2024 sampai Maret 2024. Penentuan responden dilakukan secara sengaja (purposive) dengan cara wawancara menggunakan daftar pertanyaan (Questionaire) dan Observasi Responden sebanyak 5 yakni 1 orang pemimpin telur ayam ras UD. Resky 2 orang karyawan telur ayam ras UD. Resky dan 2 orang konsumen telur ayam ras UD. Resky dan metode analisis data yang digunakan yakni analisis SWOT. Adapun hasil penelitian yaitu: Kondisi faktor-faktor terhadap perkembangan Peternakan UD. Resky yaitu faktor internal (kekuatan: harga yang terjangkau, tidak menggunakan pengawet, sarana trasportasi, saluran distribusi yang pendek. Kelemahan: belum baik promosi, produksi masi rendah, kekurangan bahan baku), dan faktor eksternal (peluang: pasar tersedia, presepsi konsumen cukup baik, permintaan produk meningkat. Ancaman: harga bahan baku daya beli konsumen menurun, dan adanya pesaing). Strategi yang tepat untuk diterapkan dalam mendukung pemasaran usaha Peternakan UD Resky yaitu dengan menggunakan strategi S-O. Kata Kunci : Strategi Pemasaran Telur UD. Resky |