JudulSTRATEGI PEMASARAN TELUR AYAM RAS DI PASAR MANONDA KOTA PALU |
Nama: MOH. FIKRI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Telur adalah produk pangan yang memiliki nilai gizi tinggi dan menjadi bagian penting dari kebiasaan makan manusia di berbagai budaya. Secara umum, telur terdiri dari dua bagian utama: kuning telur dan putih telur, yang masing-masing memiliki komposisi nutrisi yang berbeda. Indonesia sebagai Negara agraris memiliki potensi untuk mengembangkan usaha di tengah era globalisasi. Usaha ini diharapkan mampu memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap sektor pertanian dalam rangka meningkatkan perekonomian. Salah satu poin dalam menyebutkan kebutuhan untuk merevitalisasi pertanian sebagai upaya untuk membangun pertanian Indonesia dari sederhana menjadi pertanian berbasis agribisnis. Penelitian ini bertujuan untuk bagai mana strategi pemasaran telur Ayam Ras di Pasar Manonda Kota Palu. Penelitian ini akan dilaksanakan di pasar Manonda yang beralamat di Jl Kemiri Balaroa Kecamatan Palu Barat , Kota Palu, Sulawesi Tengah. Penentuan responden dilakukan secara sengaja (purpossive) dan dilakukan dengan wawancara secara langsung, penentuan responden dengan cara mengambil secara sengaja terhadap pedagang Telur Ayam Ras di Pasar Tradisional Inpres Manonda Kota Palu dengan pertimbangan sebagai pedagang Telur Ayam Ras yang ada di pasar Impres Manonda yang dapat memberikan informasi, sehingga diharapkan bisa diperoleh hasil yang cukup akurat dan repsentatif sesuai dengan tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu akan djawab dengan menggunakan analisis SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, threats) dimana analisis SWOT digunakan untuk menghasilkan strategi pemasaran usaha penjualan telur Ayam hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang sesuai dengan lingkungan internal dan eksternal pada usaha penjual telur Ayam Ras yang ada di Pasar Manonda yaitu menggunakan strategi S-O berada pada kuadran I, sumbu horizontal atau sumbu X dalam diagram SWOT adalah 0,19 dan sumbuh vertikal atau sumbu Y dalam diagram SWOT adalah 0,75. |