JudulANALISIS SIKAP KONSUMEN MINUMAN LE MINERALE BERDASARKAN ATRIBUT PRODUK (Studi Kasus : Mahasiswa Sebagai Konsumen Produk Le Minerale Di Universitas Tadulako Kota Palu) |
Nama: ERNI KURNIYAWATI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRACT This study aims to: (1) identify the characteristics of consumers of Le Minerale beverage products. (2) to analyze the attributes considered by consumers in consuming Le Minerale drinks. This research is a case study in which the research location was conducted at Tadulako University, Palu City, on students. The data collection technique used in this study was a questionnaire. The population in this study were Tadulako University students who had consumed Le Minerale. The sample studied was 100 people and the sampling technique used was Accidental Sampling, which is a non-probability sampling technique. The data analysis used in this study was descriptive analysis, the Cochran test. Based on the results of the study: 1) students who consumed Le Minerale drinks were mostly women (60%) of respondents and those aged 19-21 years. The Faculty of Agriculture which consumed the most and often Le Minerale drinks, which amounted to (45%) of respondents. When viewed from their monthly allowance, the average student has an allowance of < Rp. 300,000.00 (42%) of the respondents. (2) of the 8 attributes, after using the Cochran test, it is concluded that there are 3 attributes that consumers really consider when consuming Le Minerale drinks, namely quality, product features and purchase decisions. which is shown from the Cochran analysis count <X2 table or equal to 1.333 < 5.991, which means that the possible answer to YA is the same for quality attributes, product features and purchase decisions that consumers have considered consuming Le Minerale drinks. As a whole, the attitude of the consumers of the Le Minerale brand beverage attributes is in a very positive category. Keywords : consumer attitude, product attributes, le minerale drink. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengidentifikasi karakteristik konsumen produk minuman Le Minerale. (2) menganalisis atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam mengkonsumsi minuman Le Minerale. Penelilitian ini merupakan studi kasus yang lokasi penelitiannya dilakukan di Universitas Tadulako Kota Palu, terhadap mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Tadulako yang pernah mengkonsumsi Le Minerale. Sampel yang diteliti sebanyak 100 orang dan teknik sampling yang digunakan Accidental Sampling yang merupakan teknik pengambilan sampling secara Non Probability. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji Cochran. Berdasarkan hasil penelitian: 1) mahasiswa yang mengkonsumsi minuman Le Minerale sebagian besar adalah perempuan (60%) responden dan yang memiliki umur 19-21 tahun. Fakultas pertanian yang paling banyak dan sering mengkonsumsi minuman Le Minerale yang berjumlah (45%) responden. Jika dilihat dari uang saku mereka per bulan, maka rata-rata mahsiswa memiliki uang saku < Rp 300.000,00 berjumlah (42%) responden. (2) dari 8 atribut tersebut, setelah dilakukan menggunakan uji Cochran menyimpulkan bahwa terdapat 3 atribut yang benar-benar dipertimbangkan konsumen untuk mengkonsumsi minuman Le Minerale yaitu kualitas, fitur produk dan keputusan pembelian. yang ditunjukan dari analisis Cochran hitung < X2 tabel atau sama dengan sebesar 1,333 < 5,991 yang berarti kemungkinan jawaban YA adalah sama untuk atribut kualitas, fitur produk dan keputusan pembelian yang telah dipertimbangkan konsumen untuk mengkonsumsi minuman Le Minerale. Sikap konsumen atribut minuman merek Le Minerale secara keseluruhan ada pada kategori sangat positif. Kata Kunci : sikap konsumen, atribut produk, minuman le minerale. |