JudulStrategi Pemasaran Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Keripik Pisang Tiara Di Kelurahan Panau Kecamatan Tawaeli Kota Palu |
Nama: MOH IRFAN |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRACT This research aims to: (1) Identify what factors support the marketing strategy of Tiara Banana Chips SMEs in Panau Village, Kec. Tawaeli, Palu City (2) Formulate a marketing strategy for the Tiara Banana Chips UKM business in Panau District, Kec. Tawaeli Palu City, by utilizing internal and external factors. The choice of location was determined purposively, with the consideration that the location was the operational location for the UKM Tiara Pisang Chips business in Panau Village, Tawaeli District, Palu City. This research will be carried out from May to June 2024. The population in this research is all business management actors. The data collected from this research consists of Primary Data and Secondary Data. The analysis used in this research is SWOT analysis. The results of the SWOT diagram analysis show that the right conditions are used to increase the marketing of Tiara Banana Chips in order to expand the marketing reach in Quadrant I, so that the strategy that can be implemented to expand the marketing reach of Tiara Banana Chips is by using the S-O strategy. Keywords: Marketing Strategy, Banana Chips ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi Faktor – faktor apakah yang mendukung strategi pemasaran pada UKM Keripik Pisang Tiara di Kelurahan Panau Kec. Tawaeli Kota Palu (2) Merumuskan strategi Pemasaran usaha UKM Keripik Pisang Tiara di Kelurahan Panau Kec. Tawaeli Kota Palu, dengan memanfaatkan faktor internal dan faktor eksternal. Pemilihan lokasi ditentukan secara sengaja (Purposive), dengan pertimbangan bahwa dilokasi tersebut merupakan tempat operasional usaha UKM Keripik Pisang Tiara di Kelurahan Panau Kecamatan Tawaeli kota Palu. Penelitian ini akan dilaksanakan pada Bulan mei sampai dengan Bulan Juni 2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelaku pengelolah usaha. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini terdiri dari Data Primer dan Data Sekunder. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis SWOT. Hasil analisis diagram SWOT menunjukkan, kondisi yang tepat digunakan untuk peningkatan pemasaran Keripik Pisang Tiara guna memperluas jangkauan pemasaran pada Kuadran I, sehingga strategi yang dapat diterapkan untuk memperluas jangkauan pemasaran Keripik Pisang Tiara yaitu dengan menggunakan strategi S-O. . Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Keripik Pisang |