JudulSTRATEGI PEMASARAN GULA SEMUT HASYIFAH PADA HOME INDUSTRI MATTUJU-TUJU DI DESA ONCONE RAYA KECAMATAN TINOMBO SELATAN KABUPATEN PARIGI MOUTONG |
Nama: SAFARUDDIN |
Tahun: 2022 |
Abstrak Tujuan penelitian yaitu untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat dalam meningkatkan penjualan gula semut hasyifah pada home industri Mattuju-tuju di Desa Oncone Raya Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi Moutong. Metode penelitian yangdigunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis SWOT dengan mengidentifikasi Faktor internal (Strenght dan Weakness) dan Eksternal (Opportunities dan Threats). Populasi sampel pada penelitian ini berjumlah 6 orang yang terdiri dari pemilik usaha gula semut, karyawan, konsumen dan pesaing. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan Purposive sampling dengan menentukan kriteria-kriteria tertentu sehingga mengambil sampel yakni 6 orang. Berdasarkan hasil analisis data yaitu diketahui pada analisis SWOT di dapatkan total skor IFAS sebesar 1,25 dan total skor EFAS sebesar 1,14 hal ini menunjukkan bahwa home industri Mattuju-tuju berada pada posisi sumbu kekuatan (Strenght) dan peluang (Opportunities) yakni kuadran 1 artinya home industry Mattuju-tuju disarankan untuk melakukan strategi progresif yaitu memanfaatkan kekuatan (Strenght) internal perusahaan untuk mendapatkan keuntungan dan peluang (Opportunities) eksternal untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang meningkat. |