JudulStrategi Pemasaran Usahatani Kakao Di Desa Olu Kecamatan Lindu Kabupaten Sigi |
Nama: MOHAMAD IRFAN |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRACT The purpose of this study was to determine what strategies farmers should use in marketing cocoa which is experiencing price fluctuations in Olu Village, Lindu District, Sigi Regency. The research was carried out in Olu Village, Lindu District, Sigi Regency from May to June in 2021. Determination of respondents was selected by using a purposive sampling technique. The analytical tool used is swot analysis. The results of the research show that the research conducted in Olu Village where the results of the SWOT diagram analysis show that the right conditions to be used in order to increase the marketing of cocoa farming lies in the S-O strategy. Alternative S-O strategies are (a) Maintaining and improving product quality with existing technology and taking advantage of opportunities in order to increase cocoa marketing and become a leading plantation in Central Sulawesi. (b) Expanding the marketing network by optimizing support from the government with the strength of good cocoa productivity. Keywords : Cocoa Farming, Marketing Strategy. ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi apa yang seharusnya digunakan petani dalam memasarkan kakao yang sedang mengalami fluktuasi harga di Desa Olu Kecamatan Lindu Kabupaten Sigi. Penelitian telah dilaksanakan di Desa Olu Kecamatan Lindu Kabupaten Sigi pada bulan Mei sampai bulan Juni pada tahun 2021. Penentuan responden dipilih dengan teknik pengambilan sampel secara (purposive sampling). Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Swot. Hasil penelitian menujukan penelitian yang dilakukan di Desa Olu dimana hasil analisis diagram SWOT menunjukkan bahwa, kondisi yang tepat untuk digunakan dalam rangka peningkatan pemasaran usahatani kakao terletak pada strategi S-O. Alternative Strategi S-O yaitu (a) Mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk dengan teknologi yang ada dan memanfaatkan peluang agar dapat meningkatkan pemasaran kakao dan menjadi perkebunan unggulan Sulawesi Tengah. (b) Memperluas jaringan pemasaran yaitu mengoptimal dukungan dari pemerintah dengan kekuatan produktivitas kakao yang bagus. Kata Kunci : Usahatani Kakao, Strategi Pemasaran. |