JudulANALISIS PEMASARAN JAGUNG PIPIL HIBRIDA DI DESA KASOLOANG KECAMATAN BAMBAIRA KABUPATEN PASANGKAYU |
Nama: HASLINDA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran jagung pipil hibrida di desa kasoloang, mengetahui bagian harga yang diterima produsen pada pemasaran jagung pipil hibrida di Desa Kasoloang, mengetahui besarnya margin pemasaran jagung pipil hibrida di Desa Kasoloang, dan untuk mengetahui efisiensi pemasaran jagung pipil hibrida di Desa Kasoloang. Responden pada penelitian ini berjumlah 32 orang, dan dimana pada penelitian ini menggunakan metode sampel acak sederhana (simple ramdom sampling) pada anggota populasi yang bersifat homogen. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan mengetahui margin pemasaran, bagian harga yang diterima, dan menghitung efisiensi pemasaran. Berdasarkan hasil pembahasan diperoleh bahwa terdapat dua saluran pemasaran yang ada di desa kasoloan yaitu: 1. petani - pedagang pengumpul - pedagang besar - konsumen; 2. petani - pedagang besar - konsumen. Bagian harga yang diterima petani dari pemasaran jagung pipil hibrida pada saluran pertama yaitu sebesar 56 % sedangkan pada saluran kedua yaitu sebesar 70 %. margin (selisih harga) pemasaran jagung pipil hibrida yang diperoleh dari saluran pertama yaitu sebesar Rp 2.200 dan margin pemasaran pada saluran kedua sebesar Rp 1.500. Nilai efesiesi pemasaran yang diperoleh pada saluran pertama sebesar 25,74 ?n saluran kedua sebesar 19,61 % sehingga saluran pemasaran kedua lebih efisiensi karena biaya yang dikeluarkan lebih sedikit. |