JudulSTRATEGI PEMASARAN KACANG GOYANG INDUSTRI PRIMA RASA DI KOTA PALU |
Nama: NUR AINUN JARIYAH |
Tahun: 2021 |
Abstrak Industri Prima Rasa merupakan salah satu usaha pengolahan kacang yang memproduksi kacang goyang. Industri tersebut berada di di jalan Labu No. 35 Kota Palu Selawesi Tengah. Jumlah responden sebanyak 5 orang, terdiri atas 1 orang pimpinan, 2 orang karyawan, dan 2 orang konsumen pada industri Prima Rasa. Tujuan penelitian untuk mengetahui alternatif strategi pemasaran kacang goyang industri Prima Rasa di Kota Palu guna memperluas jangkauan pemasaran dan mempertahankan ketahanan industri. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan analisis SWOT dengan mengkaji faktor-faktor internal dan eksternal. Hasil penelitian menunjukan faktor-faktor internal dan eksternal dirumuskan dalam matriks IFAS (Internal Factors Analysis Summary) dan matriks EFAS (Eksternal Factor Analysis Summary). Faktor internal tabel IFAS yaitu sebesar 3,155, dengan koefisien kekuatan (Strenghts) sebesar 2,222 dan koefisien kelemahan (Weaknesses) sebesar 0,933. Hal ini menunjukan bahwa faktor kekuatan yang dimiliki oleh usaha kacang goyang pada industri Prima Rasa lebih besar dari faktor kelemahan. Faktor eksternal Tabel EFAS yaitu sebesar 2,934 dengan koefisien peluang (Opportunity) sebesar 2,242 dan koefisien ancaman (Threats) sebesar 0,692. Hal ini menunjukkan bahwa faktor peluang yang dimiliki oleh industri Prima Rasa lebih besar dari faktor ancaman. Dapat disimpulkan bahwa alternatif strategi yang digunakan untuk memperluas jangkauan pemasaran industri Prima Rasa yaitu dengan menggunakan strategi SO dimana industri dapat menciptakan strategi menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada. |