Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulStrategi Pemasaran Nugget Ikan Pada IKM Adi Jaya Di Kelurahan Nunu Kecamatan Tatanga Kota Palu
Nama: MISBAKUS MUNIR
Tahun: 2023
Abstrak
MISBAKUS MUNIR (E 321 17 130). Strategi Pemasaran Nugget Ikan Pada IKM Adi Jaya Kelurahan Nunu Kecamatan Tatanga Kota Palu dibimbing oleh Wildani Pingkan S. Hamzens dan Dian Safitri, 2022. Nugget ikan merupakan produk diversifikasi pengolahan hasil perikanan yang diadopsi dari luar Indonesia, berupa campuran daging ikan lumat dengan tepung dan bumbu-bumbu berbentuk lempeng atau empat persegi panjang dan dilapisi tepung roti/panir. Nugget ikan bisa jadi merupakan modifikasi dari produk Chicken Nugget yang sudah dikenal lebih dahulu. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk nugget ikan sesuai kondisi lingkungan internal dan eksternal, serta alternatif strategi pemasaran dalam mendukung usaha IKM Adi Jaya di Kota Palu. Penentuan responden ditentukan secara sengaja (purposive), jumlah responden sebanyak 5 orang, yaitu pemimpin IKM Adi Jaya, 2 karyawan industri dan 2 orang konsumen. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analilsis SWOT. Hasil analisis dari matriks SWOT IFAS dan EFAS menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk nugget ikan pada IKM Adi Jaya berada pada kuadran I, maka strategi difokuskan pada strategi SO yaitu menggunakan kekuatan yang dimiliki dalam memanfaatkan peluang yang ada. Alternatif S-O yaitu : (a). Memanfaatkan tempat yang strategis untuk memenuhi permintaan produk yang cenderung meningkat, (b). Memanfaatkan merek produk yang mulai dikenal sebagai potensi untuk memasuki pasar yang lebih luas, (c). Menetapkan harga yang bisa dijangkau oleh konsumen agar membuat daya beli produk meningkat dan selalu membuat hubungan yang baik terhadap konsumen, (d). Tersedianya teknologi dalam produksi dengan adanya dukungan dari pemerintah dalam membantu pada pelaku usaha untuk lebih berkembang kedepannya, (e) Dengan adanya modal maka akan membuat industri ini memiliki potensi pemasaran yang lebih luas lagi untuk kedepannya, (f) Produksi yang mulai meningkat karena tidak terlepas dari adanya hubungan yang baik dengan konsumen sehingga membuat permintaan produk meningkat dikarenakan adanya konsumen yang loyal dalam melakukan pembelian.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up