Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN USAHA BAWANG GORENG PADA IKM “RAJA BAWANG” DI KELURAHAN BIROBULI UTARA KECAMATAN PALU SELATAN KOTA PALU
Nama: MUHAMMAD HAQQUL YAKIN
Tahun: 2021
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan pemasaran usaha yang tepat untuk usaha bawang goreng di IKM Raja Bawang. Penelitian dilaksanakan di IKM Raja Bawang yang berada di jalan Abdurahman Saleh, Kelurahan Birobuli Utara Kecamatan Palu Selatan pada bulan April 2021. Penentuan lokasi ini melalui pencarian secara sengaja (porposive) dengan mempertimbangkan bahwa bawang goreng IKM Raja bawang merupakan inudstri penghasil bawang goreng dikota Palu. Penentuan responden dilakukan secara sengaja (purpossive) sebanyak 8 orang yang dipilih dari pihak-pihak internal dan eksternal. Penelitian ini mengggunakan analisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, Treaths). Berdasarkan hasil perhitungan dari faktor internal dan eksternal, diperoleh hasil sebagai sumbu X yaitu sebesar 1,946 , sedangkan sebagai sumbu Y yaitu sebesar 2,064. Berdasarkan diagram analisis SWOT maka penerapan strategi usaha bawang goreng IKM Raja Bawang menggunakan strategi S-O, Yaitu menggunakan strategi agresif dengan memanfaatkan seluruh kekuatan internal perusahaan untuk mendapatkan semua peluang eksternal.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up