JudulSTRATEGI PENGEMBANGAN USAHA STIK IKAN BANDENG PADA UKM PUENJIDI MANDIRI |
Nama: SITI NURKHATIMAH |
Tahun: 2022 |
Abstrak Industri puenjidi mandiri merupakan salah satu UKM yang memiliki potensi usaha stik ikan bandeng untuk dikembangkan, karena permintaan produk yang terus meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha yang tepat untuk usaha stik ikan bandeng pada UKM Puenjidi Mandiri. Data yang diperoleh menggunakan analisis SWOT (Strenghts, weaknesess, Opportunities, Treaths). Berdasarkan hasil perhitungan dari faktor internal dan eksternal, diperoleh hasil pengurangan dari total skor faktor kekuatan dan total skor faktor kelemahan sebagai sumbu X yaitu sebesar 2,15 , sedangkan hasil pengurangan total skor peluang dengan total skor ancaman sebagai sumbu Y yaitu sebesar 2,1. Berdasarkan hasil analisis lingkungan internal dan eksternal pada strategi pengembangan usaha stik ikan bandeng pada UKM Puenjidi Mandiri dapat digunakan pendekatan melalui matriks SWOT untuk mengetahui hasil alternatif strategi yang tepat digunakan oleh usaha stik ikan bandeng pada UKM Puenjidi Mandiri. Berdasarkan diagram analisis SWOT maka penerapan strategi usaha stik ikan bandeng pada UKM Puenjidi Mandiri menggunakan strategi S-O, Yaitu menggunakan strategi agresif yang memanfaatkan seluruh kekuatan internal perusahaan untuk mendapatkan semua peluang eksternal yang ada. |