JudulStrategi Pengembangan Abon Sapi Pada Industri Sal-han Di Kota Palu |
Nama: PUTRI NANINGSIH |
Tahun: 2022 |
Abstrak Industri Sal-han merupakan salah satu UMKM yang memiliki potensi usaha abon sapi untuk dikembangkan, karena permintaan produk yang terus meningkat. Dari 2 kg menjadi 30-40 kg perbulan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan yang tepat untuk usaha abon sapi pada Industri Sal-han di Kota Palu. Data yang diperoleh menggunakan analisis SWOT (Strenghts, weaknesess, Opportunities, Treaths). Berdasarkan hasil perhitungan dari faktor internal dan faktor eksternal, diperoleh hasil pengurangan dari total skor faktor kekuatan dan total skor faktor kelemahan sebagai sumbu X yaitu sebesar 0,447, sedangkan hasil pengurangan dari total skor peluang dengan total skor ancaman sebagai sumbu Y yaitu sebesar 0,052. Berdasarkan hasil analisis lingkungan internal dan ekternal pada strategi pengembangan abon sapi Industri Sal-Han dapat digunakan pendekatan melalui matriks SWOT untuk mengetahui hasil alternatif strategi yang dapat digunakan oleh Industri Sal-Han. Bedasarkan diagram analisis SWOT maka penerapan strategi usaha abon sapi pada Industri Sal-Han menggunakan strategi S-O, yaitu menggunakan strategi agresif yang memanfaatkan seluruh kekuatan internal perusahaan untuk mendaptkan semua peluang yang ada. |