Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPREFERENSI MAHASISWA Dalam MENGKONSUMSI JAJANAN SIOMAY Di DEPAN KAMPUS UNIVERSITAS TADULAKO
Nama: AZLIANI
Tahun: 2021
Abstrak
Azliani (E 321 17 035), Preferensi Mahasiswa dalam Mengkonsumsi Jajanan Siomay di Depan Kampus Universitas Tadulako, dibimbing oleh Dafina Howara dan Sulmi. Siomay merupakan salah satu makanan populer dan favorit di kalangan masyarakat karena rasanya yang nikmat, kenyal dan gurih, penyajian siomay umumnya menggunakan bumbu kacang dan kecap. Harga siomay yang relatif terjangkau menjadikan siomay sebagai jajanan yang digemari semua kalangan masyarakat. Pengetahuan akan preferensi kosumen terhadap jajanan siomay dapat dijadikan bahan pertimbangan para pelaku pemasaran sehingga dalam menjual produk dapat benar-benar memenuhi keinginan dan kepuasan konsumen, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui atribut siomay yang menjadi preferensi mahasiswa dalam mengkonsumsi siomay di sekitar kampus Universitas Tadulako dan mengetahui atribut yang paling dipertimbangkan mahasiswa dalam keputusan membeli siomay di depan kampus Universitas Tadulako. Penelitian ini berlokasi di depan Kampus Universitas Tadulako, dan teknik penentuan responden dilakukan dengan menggunakan metode accidental sampling. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Tadulako yang suka mengkonsumsi jajanan siomay sebanyak 30 mahasiswa, adapun teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Berdasarkan analisis uji chi-square (X2) diperoleh hasil bahwa preferensi konsumen dipengaruhi oleh atribut (rasa, tekstur, ukuran, harga dan tempat, hal ini ditunjukkan X2 hitung > X2 tabel masing-masing: rasa (9,8 > 5,99), tekstur (29,6 > 5,99), ukuran (21,6 > 5,99), harga (6,2 > 5,99) dan tempat (9,8 > 5,99), adapun atribut siomay yang paling dipertimbangkan mahasiswa dalam keputusan pembelian siomay di depan kampus Universitas adalah atribut tekstur. Urutan atribut yang paling dipertimbangkan sampai dengan yang kurang dipertimbangkan adalah tekstur siomay, ukuran siomay, rasa siomay, tempat siomay dan harga siomay. Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan kepada para penjual siomay di depan kampus Universitas Tadulako lebih mempertahankan dan meningkatkan kualitas siomay serta memperhatikan atribut-atribut siomay yang menjadi kesukaan mahasiwa agar tidak kalah bersaing dengan penjual siomay lain, dan Bagi mahasiswa, mengingat penelitian ini membahas mengenai atribut preferensi konsumen (mahasiswa) yaitu rasa, tekstur, ukuran, harga dan tempat penjualan, maka diharapkan bagi peneliti selanjutnya agar dapat meneliti atribut preferensi konsumen lain yang mempengaruhi keputusan pembelian siomay.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up