JudulSTRATEGI PEMASARAN PRODUKSI KERIPIK SINGKONG PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA DARMATIAN PRODUCT DI KOTA PALU |
Nama: ERVINA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRACT Marketing Strategy Cassava Chips In The Household Industry Darmatian Product which is a factor of weakness and threat for the industry to further develop its business, external factors that have not been maximixed in terms of marketing promotional activities and internal factors have not been good organization of employee division. This study aims to : (1) Analyzing the conditioan of internal factors (strengths and weaknesses) and external factors (opportunities and threats) faced by the household industry Darmatian Product in Palu City. (2) Analyzing the marketing strategy of cassava chips in the Household Industry “Darmatian Product”. The result of the analysis showed that the right condition to be applied in the development of cassava chips marketing strategy in the Darmatian Product industry is located in quadrant 1 namely strategy (S-O). The resulting strategy is : (a) Utilizing raw materials that are easy to obtain to get available martek opportunities, (b) Utilizing affordable prices to attract consumers so as to get a good perception, (c) Creating quality products whose shelf life is durable by utilizing raw materials that are affordable, (d) Utilizing existing technological tools in developing their business so as to overcome high competition. Keywoards : Strategy, Development, Marketing, Cassava Chips, SWOT, IFAS, EFAS. ABSTRAK Strategi Pemasaran Produk Keripik singkong Pada Industri Rumah Tangga Darmatian Product yang menjadi faktor kelemahan dan ancaman bagi industri ini untuk lebih mengembangkan usahanya, faktor eksternal yang belum maksimal dalam hal pemasaran kegiatan promosi dan fakto r internal belum baiknya organisasi pembagian kerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis kondisi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) yang dihadapi Industri rumah tangga “Darnatian Product” di Kota Palu. (2) Menganalisis strategi pemasaran keripik singkong pada Industri Rumah Tangga “Darmatian Product”. Hasil analisis menunjukan bahwa kondisi yang tepat untuk diterapkan dalam pengembangan strategi pemasaran keripik singkong pada industri Darmatian Product yaitu terletak pada kuadran I yaitu strategi (S-O). Strategi yang dihasilkan yaitu : (a) Memanfaatkan bahan baku yang mudah diperoleh untuk mendapatkan peluang pasar yang tersedia, (b) Memanfaatkan harga yang terjangkau untuk menarik minat konsumen sehingga mendapatkan persepsi yang baik, (c) Menciptakan kualitas produk yang daya simpannya tahan lama dengan memanfaatkan bahan baku yang harganya terjangkau, (d) Memanfaatkan alat teknologi yang ada dalam mengembangkan usahanya sehingga mampu mengatasi persaingan yang tinggi. Kata Kunci : Pengembangan Strategi, Pemasaran, Keripik Singkong, SWOT, IFAS, EFAS |