JudulANALISIS PEMASARAN BERAS SEMI ORGANIK PRIMA-3 DI DESA BALINGGI JATI KECAMATAN BALINGGI KABUPATEN PARIGI MOUTONG |
Nama: SATYA DARMA WAHYUNI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRACT This research aims to determine the form of marketing channels, marketing margins, share of the price received by farmers and the efficiency of rice marketing in Balinggi Jati Village, Balinggi District, Parigi Moutong Regency. Determination of respondents was carried out using a simple random method (Simple Random Sampling), the respondents in this study were farmers who farmed semi-organic rice with Prima-3 certification in Balinggi Jati Village. The data collected in this research is in the form of primary data and secondary data. The research results show that there are two marketing channels in Balinggi Jati Village and the most efficient is the first channel, because the first marketing channel has a shorter marketing chain than the second marketing channel. The total marketing margin for rice in the first channel is IDR 1,700.00, and the second channel is IDR 2,700.00. The total margin in the first channel is smaller than in the second channel. The share of the price received by farmers in the first channel is 82.11%, the second channel is 74.29%, so that the largest share of the price received by farmers is in the first channel. The marketing efficiency value of the first channel is 8.62%, the second channel is 12.82%. Of the two rice marketing channels, the most efficient marketing channel is the first marketing channel. Keywords : Marketing Analysis of Semi-Organic Rice ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui bentuk saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian harga yang diterima petani serta efisiensi pemasaran beras di Desa Balinggi Jati Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong. Penentuan responden dilakukan dengan menggunakan metode acak sederhana (Simple Random Sampling), responden dalam penelitian ini adalah petani yang melakukan usahatani padi semi organik yang bersertifikat prima-3 di Desa Balinggi Jati. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data primer dan data skunder. Adapun Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua saluran pemasaran yang ada di Desa Balinggi Jati dan yang paling efesien adalah saluran pertama, karena saluran pertama rantai pemasarannya lebih pendek dibandingkan dengan saluran pemasaran kedua . Total margin pemasaran beras pada saluran pertama sebesar Rp.1.700,00, dan saluran kedua sebesar Rp.2.700,00. Total margin pada saluran pertama lebih kecil dibandingkan pada saluran kedua. Besarnya bagian harga yang diterima petani pada saluran pertama yaitu sebesar 82,11%, saluran kedua yaitu sebesar 74,29%, sehingga bagian harga yang paling besar diterima petani adalah pada saluran pertama. Nilai efesiensi pemasaran Saluran pertama sebesar 8,62%, saluran kedua 12,82%, dari kedua saluran pemasaran beras tersebut saluran pemasaran yang paling efesien adalah saluran pemasaran pertama. Kata Kunci : Analisis Pemasaran Beras Semi Organik |