Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS PEMASARAN USAHATANI BAWANG MERAH LOKAL PALU DI KELURAHAN KAYUMALUE NGAPA KECAMATAN PALU UTARA KOTA PALU
Nama: NURLINA
Tahun: 2024
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bentuk saluran pemasaran yang mempengaruhi besarnya margin pemasaran, bagian harga yang diterima petani dan efisiensi pemasaran usahatani bawang merah lokal Palu di Kelurahan Kayumalue Ngapa Kecamatan Palu Utara Kota Palu. Penentuan responden petani dengan cara sensus sebanyak 18 responden dan penentuan responden mitra/pedagang dengan cara penjajakan yaitu 1 mitra, 1 pedagang pengumpul, dan 2 pedagang pengecer. Sehingga keseluruhan sampel berjumlah 22 responden. Hasil analisis ada dua bentuk saluran pemasaran usahatani di Kelurahan Kayumalue Ngapa, yaitu: (1) Petani mitra konsumen akhir, (2) Petani pedagang pengumpul pedagang pengecer konsumen akhir. Margin total pemasaran saluran pertama yaitu Rp24.000/kg dan margin total pemasaran saluran kedua yaitu Rp15.000/kg. Bagian harga yang diterima petani pada saluran pertama yaitu sebesar 66,67?n bagian harga pada saluran kedua yaitu sebesar 72,73%. Efisiensi pemasaran pada saluran pertama yaitu sebesar 2,08?n efisiensi pemasaran pada saluran kedua yaitu sebesar 3,81%. Saluran pemasaran pertama lebih efisien dari saluran pemasaran kedua.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up