JudulSTRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SAMBAL IKAN ROA PADA UKM FASTA FOOD DESA TINGGEDE KECAMATAN MARAWOLA KABUPATEN SIGI |
Nama: RISTONO |
Tahun: 2021 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha yang tepat untuk usaha UKM Fasta Food Desa Tiggede Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi. Penentuan responden dilakukan secara sengaja (purpossive) sebanyak 6 orang. Penelitian ini mengggunakan analisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, Treaths). Berdasarkan hasil perkalian dari bobot dan rating pada faktor lingkungan internal dan eksternal untuk memperoleh letak kuadran dalam strategi pengembangan usaha UKM Fasta Food , yaitu diagram SWOT menunjukkan posisi strategi untuk pengembangan usaha UKM Fasta Food berada pada diagram I yaitu pada posisi strategi Kekuatan – Peluang (SO). Posisi ini merupakan situasi yang sangat menguntungkan. Usaha UKM Fasta Food memiliki kekuatan dan peluang, sehingga harus dapat memanfaatkan kekuatan untuk menarik peluang yang ada. Alternative strategi yang didapatkan yaitu meningkatkan produksi dengan memanfaatkan ketersediaan bahanbaku untuk terus berproduksi.. Dengan melihat pangsa pasar yang begitu luas ditunjang dengan teknologi yang maju menjadi peluang besar untuk terus memasarkan produk diberbagai jejaring sosial yang ada seperti, Marketplace, Shoope, Lazada dan lain sebagainya sehingga produk bisa dikenal dan jangkaun pasar lebih luas sehingga mampu untuk terus berkembang. |