Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERIPIK PISANG PADA UKM TIGA DARA DI DESA GANTI KECAMATAN BANAWA KABUPATEN DONGGALA
Nama: NUR AL’ AMIN
Tahun: 2020
Abstrak
RINGKASAN Nur Al’ Amin (E321 16 337). Strategi Pengembangan Usaha Keripik Pisang Pada UKM Tiga Dara di Desa Ganti Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala. Dibimbing oleh Christoporus dan Al Alamsyar, 2020. Keripik pisang merupakan makanan olahan yang memilik nilai ekonomi yang cukup baik dipasar nasional. Keripik merupakan makanan ringan atau camilan berupa irisan tipis yang sangat populer di kalangan masyarakat karena sifatnya yang renyah, gurih, tidak terlalu mengenyangkan dan tersedia dalam aneka rasa seperti asin, pedas dan manis. Keripik sangat praktis karena kering, sehingga lebih awet dan mudah disajikan kapan pun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi faktor internal (Kekuatan dan Kelemahan) dan faktor eksternal (Peluang dan Ancaman) dalam mendukung pengembangan kripik pisang dan alternatif strategi apa yang dapat diterapkan dalam pengembangan usaha kripik pisang pada UKM Tiga Dara di desa Ganti Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala. Penentuan responden ditentukan secara sengaja (purposive), jumlah sampel sebanyak 6 orang, yaitu pemilik UKM Tiga Dara, 2 karyawan industri, 3 orang konsumen. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan usaha keripik pisang pada UKM Tiga Dara yaitu faktor internal (kekuatan:Memiliki berbagai macam varian rasa, kemasan produk menarik, harga produk terjangkau, pasar tersedia. Kelemahan: Promosi belum efektif, kurangnya tenaga kerja, kurangnya stok bahan baku, kurangnya modal) dan faktor eksternal (peluang: Donggala sebagai Kota Wisata, dukungan pemerintah, tersedianya teknologi dan sarana yang memadai, adanya pelanggan tetap. Ancaman: Adanya usaha sejenis, harga bahan pelengkap dan pendukung berfluktuasi, perubahan selera konsumen, persaingan dengan produk lain). Strategi alternatif yang tepat untuk diterapkan dalam mendukung dan mengembangkan usaha keripik pisang pada UKM Tiga Dara yaitu dengan menggunakan strategi SO. Strategi SO (Strenghts-Opportunities) atau strategi kekuatan-peluang yaitu menggunakan kekuatan internal perusahaan untuk memanfaatkan peluang eksternal, artinya dimana strategi ini dapat digunakan karena usaha atau industri tersebut memiliki kekuatan dan peluang sehingga dapat memanfaatkan berbagai peluang yang ada. Kata Kunci : Startegi Pengembangan, Keripik Pisang.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up