JudulSTRATEGI PEMASARAN KOPI BUBUK PADA USAHA INDUSTRI “BUMI MUTIARA” DI KOTA PALU |
Nama: NENI DARWIN |
Tahun: 2023 |
Abstrak RINGKASAN Neni Darwin (E 321 16 328). Strategi Pemasaran Kopi Bubuk Pada Usaha Industri “Bumi Mutiara” Di Kota Palu (Arifuddin Lamusa dan Moh. Alfit A. Laihi, 2023) Kopi (Coffea spp) adalah species tanaman berbentuk pohon yang termasuk dalam family Rubiacee dan genus Coffea tanaman ini tubuhnya tegak, bercabang dan bila dibiarkan tumbuh dapat mencapai tinggi 12 m, daunnya bulat telur dengan ujung agak meruncing dan tumbuh berhadapan pada batang, cabang dan ranting-rantingnya. Kopi (Coffea) merupakan komoditas ekspor unggulan yang dikembangkan di Indonesia karena mempunyai nilai ekonomis yang relatif tinggi dipasaran dunia kopi Indonesia dari waktu ke waktu terus meningkat karena merupakan salah satu komoditi perkebunan yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi diantara tanaman lain dan juga berperan penting sebagai sumber devisa negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana alternatif strategi yang tepat untuk diterapkan dalam pemasaran kopi bubuk pada usaha Industri “Bumi Mutiara” di Kota Palu. Jumlah responden 5 orang yang terdiri dari 1 pimpinan, 1 karyawan, 2 orang konsumen, 1 orang dari pihak perindagkop, analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Total nilai yang diperoleh tabel IFAS yaitu sebesar 3,56 dengan skor kekuatan 1,55 dan skor kelemahan sebesar 2,01. Hal ini menunjukkan bahwa faktor kelemahan Industri kopi bubuk “Bumi Mutiara” lebih besar dari faktor kekuatan, sedangkan total nilai yang diperoleh EFAS yaitu sebesar 3,33 dengan skor peluang sebesar 2,13 dan skor ancaman sebesar 1,2. Hal ini menunjukkan faktor peluang yang dimiliki Industri kopi bubuk “Bumi Mutiara” lebih besar dari faktor ancaman. Berdasarkan hasil perhitungan dari nilai rating dan bobot faktor internal strategi pemasaran usaha kopi bubuk pada Industri “Bumi Mutiara” sebagai sumbu X yaitu -0,46 sedangkan faktor eksternal pada industri kopi bubuk “Bumi Mutiara” sebagai sumbu Y yaitu 0,93. Strategi yang dapat diterapkan pada usaha industri kopi bubuk Bumi Mutiara yaitu strategi turn around yaitu perusahaan industri Bumi Mutiara harus mengembangkan jaringan pemasaran dengan membuat dan memanfaatkan media digital seperti Facebook, Telegram, Instagram, Twitter, WhatsApp dan platform lainnya sebagai media promosi dan periklanan serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pelatihan yang harus diterapkan pada industri “Bumi Mutiara” adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang strategis dimana faktor kekuatan tetap dipertahankan dan dikembangkan lagi dengan berupaya memperbaiki kelemahan internal perusahaan sehingga dapat merebut peluang pasar yang lebih baik. |