JudulANALISIS PEMASARAN BUAH KELAPA DALAM DI DESA PANGI KECAMATAN PARIGI UTARA KABUPATEN PARIGI MOUTONG |
Nama: MUH. ASLAN ASKHADOV. S |
Tahun: 2023 |
Abstrak RINGKASAN Muh. Aslan Askhadov S. (E 321 16 314), Analisis Pemasaran buah Kelapa Dalam di Desa Pangi Kecamatan Parigi Utara Kabupaten Parigi Moutong (di bimbing oleh Dance Tangkesalu, dan Moh. Alfit A. Laihi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian harga yang diterima petani serta efisiensi pemasaran kelapa dalam di Desa Pangi Kecamatan Parigi Utara Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Pangi Kecamatan Parigi Utara Kabupaten Parigi Moutong. Lokasi penelitian ini dipilih secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan Desa Pangi merupakan salah satu sentral produksi di Analisis Pemasaran Buah Kelapa di Desa Pangi Kecamatan Parigi Utara Kabupaten Parigi Moutong. Waktu penelitian ini dilakukan selama 2 bulan, yakni bulan Maret- April 2021. dimana setiap sampel mempunyai kemungkinan yang sama untuk dijadikan sampel. Jumlah sampel yang diambil yaitu sebanyak 30 orang. Hasil analisis pemasaran menunjukan bahwa saluran pemasaran kelapa dalam di Desa Pangi melalui 2 saluran pemasaran yaitu: 1. Petani?Pedagang pengumpul? Pedagang besar ?Pedagang pengecer ? Konsumen 2. Petani?Pedagang besar ?Pedagang pengecer ?Konsumen Hasil analisis margin total pemasaran kelapa dalam saluran satu yaitu MT=Rp.2.850/kg, saluran kedua yaitu MT= Rp. 2.700/kg. Bagian harga yang diperoleh petani dari pemasaran kelapa dalam pada saluran pertama yaitu sebesar 43,00%, bagian harga yang diterima petani pada saluran kedua yaitu sebesar 46,00%. Efisiensi pemasaran buah kelapa dalam pada saluran pertama diperoleh hasil sebesar 7%, saluran kedua diperoleh hasil sebesar 8%, sehingga pada saluran tersebut, saluran yang paling efisien yaitu saluran pertama dengan nilai efisiensi sebesar 7%. |