JudulSTRATEGI PENGEMBANGAN USAHA ONDE-ONDE UBI UNGU MAMA IREN DI BTN KELAPA MAS PERMAI DESA KALUKUBULA KECAMATAN SIGI BIROMARU KABUPATEN SIGI |
Nama: LEONARDO WIRANTO Y.MPOTANE |
Tahun: 2024 |
Abstrak STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA ONDE-ONDE UBI UNGU MAMA IREN DI BTN KELAPA MAS PERMAI DESA KALUKUBULA KECAMATAN SIGI BIROMARU KABUPATEN SIGI Mama iren’s onde-onde purple sweet potato busines development strategy in BTN Kelapa Mas Permai, Kalukubula Vilage, Sigi Biromaru District, Sigi Regency Leonardo Wiranto Y. Mpotane1 ), Wildani Pingkan S Hanzens2), Al. Alamsyar2) 1)Mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu 2)Dosen Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu Email : leogaok@gmail.com, pink2hz@yahoo.com, alalamsyar@gmail.com ABSTRACT The Onde-onde purple sweet potato business in the home industry is one of the businesses engaged in agro-industry that utilizes onde-onde pirple sweet potato as the main raw material produced by Mrs. Mama Iren in 2016. Although with a sufficient amount of production this industry still faces several obstacles, namely business capital and lack of labor being an inhibiting factor in developing its business. This study aims to determine the development strategy in improving the onde-onde purple sweet potato business with limited capital and labor in the Mama Iren household industry. Determination of respondents by interviewing directly. The analysis used in this research is SWOT analysis. Based on the results of the weighting of internal factors and external factors, it can be concluded that the total score obtained from the X-axis of internal factors of external factors which is the result of the reduction between opportunity factors and threat factors as the Y-axis by knowing the scoring of internal factors and external factors. The position of the Onde-onde purple sweet potato business development strategy is in quadrant I, so the strategy that can be applied in improving the onde-onde purple sweet potato business with limited working capital and labor in the pasundan household industry is to use the S-O strategy. Key words: Development Strategy, Onde-onde Purple Sweet Potato, SWOT analysis. ABSTRAK Usaha Onde-onde Ubi ungu di industri rumah tangga merupakan salah satu usaha yang bergerak dibidang agroindustri yang memanfaatkan Ubi ungu sebagai bahan baku utama yang diproduksi olehMama Iren pada tahun 2016. Meskipun dengan jumlah produksi yang cukup industri ini masih menghadapi beberapa kendala yaitu modal usaha dan tenaga kerja yang kurang menjadi faktor penghambat dalam mengembangkan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan dalam meningkatkan usaha Onde-onde Ubi ungu dengan modal dan tenaga kerja yang terbatas pada industri rumah tangga Mama Iren. Penentuan responden dengan mewawancarai secara langsung. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Berdasarkan hasil dari pembobotan faktor internal dan faktor eksternal dapat disimpulkan bahwa total skor yang diperoleh dari sumbu X faktor internal yaitu sedangkan skor faktor eksternal yang merupakan hasil pengurangan antara faktor peluang dan faktor ancaman sebagai sumbu Y yaitu dengan mengetahui skoring faktor internal dan faktor eksternal. Posisi strategi pengembangan usaha onde-onde ubi ungu berada pada kuadran I, sehingga strategi yang dapat diterapkan dalam meningkatkan usaha onde-onde dengan modal usah dan tenagga kerja yang terbatas pada industri rumah tangga pasundan yaitu menggunakan strategi S-O. Kata Kunci: Stretegi Pengembangan, Onde-onde Ubi UnguS, Analisis SWOT. |