JudulStrategi Pengembangan Usaha Kopi Bubuk Pada Industri Bumi Mutiara Kota Palu |
Nama: KARMILA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRACT Bumi Mutiara Industry is the only one that produces ground coffee in the city of Palu, this industry is located on Jalan Palu Nagaya 2 No. 29 Tondo Village, Mantikolore District, Palu City, Central Sulawesi. This study aims to find out the strategy for developing ground coffee business in the Bumi Mutiara industry. The analysis used in this study is the IFAS and EFAS SWOT analysis that the strategic position of the Bumi Mutiara industry is in the first square, namely in the position of the strength - opportunity (SO) strategy, some of the appropriate ground coffee business development strategies to be applied to the Bumi Mutiara industry, namely ( a). Take advantage of the use of real coffee beans to meet a wide and open market share. (b). Improving the quality of product packaging that characterizes a product. (c). has an affordable price among the public so that it allows the product to be marketed in various circles, young or old. Keywords:Business Development Strategy, coffee Powder, IFAS and EFAS SWOT Matrix ABSTRAK Industri Bumi mutiara merupakan sala satu yang memproduksi kopi bubuk yang berada di kota palu, industri ini terletak di Jalan Palu Nagaya 2 No. 29 Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikolore Kota Palu Sulawesi Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahiu stategi pengembangan usaha kopi bubuk pada indsutri Bumi mutiara. Penentuaan responden dilakukan dengan sengaja (purposive),yang dilakukan dengan mewancarai sebanyak 5 orang yang akan dipilih dari pihak-pihak internal dan eksternal. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT IFAS dan EFAS bahwa bahwa posisi strategis industri Bumi mutiara berada pada kuadrat I yaitu pada posisi strategi kekuatan – peluang (SO), beberapa strategi pengembangan usaha kopi bubuk yang tepat utuk diaplikasiakn pada industri Bumi mutiara yaitu (a). Mamanfaatkan penggunaan biji kopi asli untuk memenuhi pangsa pasar yang luas dan terbuka. (b). Meningkatkan kualitas kemasan prroduk yang menjadikan ciri khas suatu produk tersebut. (c). memiliki harga yang terjangkau dikalangan masyarakat sehingga memungkinkan produk tersebut dapat dipasarkan diberbagai kalangan tua ataupun muda. Kata Kunci: Strategi Pengembangan Kopi Bubuk, Usaha, matrix IFAS dan EFAS. |