JudulSTRATEGI PEMASARAN USAHA SAMBAL IKAN ROA PADA INDUSTRI SAL-HAN DI KOTA PALU |
Nama: ISKA |
Tahun: 2023 |
Abstrak RINGKASAN Iska (E 321 16 277). “Strategi Pemasaran Sambal Ikan Roa Pada Industri Sal-Han di Kota Palu” (di bimbing oleh Arifuddin Lamusa dan Nurmedika, 2022). (Exocoetidae) atau (torani) dan sering kali disebut ikan terbang adalah famili ikan laut yang terdiri atas sekitar 50 spesies ikan yang dikelompokan dalam 7 hingga 9 genera. Ikan terbang ditemukan di semua samudra utama, terutama di perairan trtopis dan subtropis di samudra Atlantik, Pasifik dan Hindia. Ciri utamanya yang paling meenonjol adalah sirip dadanya yang besar, memungkinkan ikan ini meluncur terbang secara singkat di udara, diatas permukaan air, untuk lari dari pemangsa. Peluncuran mereka biasanya sejauh sekitar 50 meter, tetapi mereka dapat menggunka dorongan pada tepi gelombang hingga dapat mencapai jarak setidaknya 400m. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil atau analisis dan pembahasan dengan menggunakan analisis SWOT maka dapat disimpulkan bahwa, strategi pemasaran sambal ikan roa yang dapat di aplikasikan pada industri Sal-han, yaitu dengan memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang sebesar-besarnya (Strategi S-O). Posisi kuadran berada pada kuadran satu atau pada posisi terdiri dari tiga strategi yaitu memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada. Rasa kualitas produk mempunyai ciri khas sehingga konsumen tertarik untuk selalu membeli, tersedianya teknologi dan sarana yang memadai, serta tenaga kerja terampil. Terus meningkatnya kepercayaan konsumen, mendapatkan dukungan dan binaan dari pemerintan, serta lokasi yang strategis guna memudahkan konsumen untuk membeli produk sambal ikan roa. |