JudulSTRATEGI PEMASARAN TELUR AYAM RAS PADA USAHA PETERNAKAN “ HJ. INTAN” DI DESA POTOYA KECAMATAN DOLO KABUPATEN SIGI |
Nama: INDRI SAPUTRI |
Tahun: 2022 |
Abstrak RINGKASAN Indri saputri (E 321 16 273)Strategi Pemasaran Telur Ayam Ras pada Usaha Peternakan “Hj. Intan” di Desa Potoya Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi, Dibimbing oleh Dafina Howara dan Husnul Khatima. Peternakan Ayam Ras Petelur “Hj. Intan” merupakan usaha peternakan ayam ras petelur yang berada di Kabupaten Sigi. mengalami beberapa permasalahan yang dihadapi oleh Peternakan Hj. Intan yaitu Kurangnya permintaan telur dihari biasa, promosi yang kurang baik dan teknologi informasi yang di gunakan masih belum memadai menjadi salah satu permasalahan yang ada dipeternakan ayam ras Hj. Intan, Hal ini tentu saja dapat diminimalisasi jika perusahaan tersebut melakukan antisipasi dengan menentukan strategi pemasaran yang tepat, namun belum dilakukan oleh perusahan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi lingkungan eksternal dan internal peternakan Ayam Ras Petelur di Desa Potoya Kecematan Dolo Kabupaten Sigi. Penelitian ini dilaksanakan di peternakan Ayam Ras Petelur “HJ. Intan” di Desa Potoya Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa perusahaan tersebut salah satu penghasil telur ayam ras di Desa Potoya tetapi strategi pemasarannya masih kurang maksimal.Waktu pelaksanaan pada bulan Januari - Februari 2021.Metode analisis yang digunakan adalah analisis strengths Weaknesses-Opportunities-Threats (SWOT), yang terdiri atas tiga tahap analisis dengan menggunakan matriks-matriks tertentu. Pada tahap 1, matriks-matriks yang digunakan adalah Matriks External factor Evaluation (EFE) dan Matriks Internal factor Evaluation (IFE); pada tahap 2, digunakan Matriks SWOT. Hasil penelitian yang dilakukan dipeternakan “Hj Intan” dengan kondisi yang tepat untuk digunakan dalam rangka mengetahui strategi pemasaran telur ayam ras pada usaha peternakan “Hj. Intan” terletak pada strategi W-O, dimana nilai dari kekuatan (Strengths) dan nilai peluang (Opportunities) lebih besar dibanding nilai kelemahan (Weakness) dan nilai ancaman (Threats). Berikut ini adalah beberapa alternatif strategi yang dapat dijadikan sebagai suatu program pemasaran usaha diantaranya: (1)Meningkatkan promosi karena adanya peluang pasar dari bertambahnya jumlah penduduk agar dapat meningkatkan permintaan terhadap telur ayam ras, (2)Memaksimalkan peralatan teknologi dan memperbaiki kontrak kerja pada saat melakukan pemasaran produk pada bahan baku usaha kuliner agar aktivitas pemasaran bisa terkontrol dengan baik, (3)Memaksimalkan perawatan pada ternak dengan memanfaatkan ketersediaan tenaga kerja dan tersedianya bahan baku pakan agar dapat meningkatkan permintaan terhadap telur ayam ras. |