JudulANALISIS PEMASARAN CABAI RAWITDI DESA SIWALEMPU KECAMATAN SOJOLKABUPATEN DONGGALA |
Nama: AGUS RIADI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRACT The purpose of the research on Marketing Analysis of Cayenne Pepper in Siwalempu Village, Sojol District, Donggala Regency is to determine the marketing channel of cayenne pepper, the large share of the price received by farmers (producers) in each marketing channel of cayenne pepper and to determine the marketing efficiency of cayenne pepper. This research was conducted in Siwalempu Village, Sojol District, Donggala Regency. The total number of respondents was 40 people, the determination of respondents in the study used a simple random sampling method. There are two forms of rawit chili commodity marketing channels in Siwalempu Village, namely: channel 1: Producer ? Collector Trader ? Retailer Trader ? Consumer; Channel 2, Manufacturer ? Retailer ? Consumer; The share of the price received by farmers in channel 1 is 87% and channel 2 is 91%, the marketing is shorter than channel 1; The value of marketing efficiency for channel 1 is 2.24% and for channel 2 is 3.08% so that channel 2 is more efficient than channel 1. Keywords: Analysis, Cayenne Pepper, Marketing, Donggala. ABSTRAK Tujuan penelitian Analisis Pemasaran Cabai Rawit Di Desa Siwalempu Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala adalah untuk mengetahui saluran pemasaran cabai rawit, besar bagian harga yang diterima oleh petani (produsen) pada masing-msing saluran pemasaran cabai rawit dan mengetahui efesiensi pemasaran cabai rawit.Penelitian ini dilaksanakan di Desa Siwalempu Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala.Jumlah keseluruhan responden sebanyak 40 orang, penentuan responden pada penelitian menggunakan metode acak sederhana (simple random sampling).Ada dua bentuk saluran pemasaran komoditi Cabai Rawit yang terdapat di Desa Siwalempu yaitu : saluran 1 : Produsen ? Pedagang Pengumpul ? Pedagang Pengecer ? Konsumen; Saluran 2, Produsen ? Pedagang Pengecer ? Konsumen;Bagian harga yang diterima petani pada saluran 1 87?n saluran 2 91%, pemasarannya lebih pendek dibandingkan saluran 1;Nilai efesiensi pemasaran saluran 1 sebesar 2,24?n untuk saluran 2 sebesar 3,08% sehingga saluran ke 2 lebih efesien dari salauran 1. Kata Kunci : Analisis, Cabai Rawit, Pemasaran, Donggala. |