JudulSTRATEGI PEMASARAN KOPRA DI DESA BOLANO BARAT KECAMATAN BOLANO KABUPATEN PARIGI MOUTONG |
Nama: HERI INDRIANTO |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRACK Central Sulawesi is one of the copra-producing areas in Indonesia which has been able to provide copra needs for most of its people. Marketing strategy is very important for farmers to market their products and increase income. This study aims to determine what strategies farmers should use in marketing copra which is exper iencing price fluctuations in Bolano Barat Village, Bolano District, Parigi Moutong Regency. This research was conducted for 2 months, namely November-December 2021. The determination of the respondents in this study was carried out intentionally (Purpossive), which amounted to 13 people. The data analysis method is the SWOT analysis. The results of the SWOT analysis show that the copra marketing strategy in Bolano Barat Village, Bolano District, Parigi Moutong Regency is in quadrant IV in a defensive position which has a value on the X axis of -0.09 representing a weakness function and has a value on the Y axis of -0.27 representing the threat function. This condition is in quadrant IV or in the WT strategy. Therefore, Copra farmers in Bolano Barat Village are advised to deepen more knowledge of copra processing so that the quality of copra is better, hold farmer training to increase their ability to sell copra, cooperate with NGOs or village officials to socialize local copra consumption to the community. and create a marketing system for those who are able to overcome the distance constraints with the coconut processing industry. Key Words : Strategy, Kopra, SWOT, Parigi Moutong. ABSTRAK Sulawesi Tengah merupakan salah satu daerah penghasil kopra di Indonesia yang telah mampu menyediakan kebutuhan kopra untuk sebagian besar masyarakatnya. Strategi pemasaran menjadi sangat penting bagi para petani untuk memasarkan produknya dan meningkatkan pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang seharusnya digunakan petani dalam memasarkan Kopra yang sedang mengalami fluktuasi harga di Desa Bolano Barat Kecamatan Bolano Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan, yakni bulan November-Desember 2021. Penentuan responden dalam penelitian ini dilakukan secara sengaja (Purpossive), yakni berjumlah 13 orang. Metode analisis data ialah analisis SWOT. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa Strategi pemasaran Kopra di Desa Bolano Barat Kecamatan Bolano Kabupaten Parigi Moutong berada pada kuadran IV pada posisi bertahan yang mempunyai nilai pada sumbu X -0,09 mewakili fungsi kelemahan dan mempunyai nilai pada sumbu Y -0,27 mewakili fungsi ancaman. Kondisi ini berada pada kuadran IV atau pada strategi W-T. Oleh karena itu petani Kopra di Desa Bolano Barat disarankan untuk memperdalam lebih banyak pengetahuan pengolahan kopra agar mutu kopra lebih baik, mengadakan pelatihan petani guna meningkatkan kemampuan menjual kopra, bekerja sama dengan LSM atau aparat desa untuk mensosialisasikan konsumsi kopra local kepada masyarakat serta membuat system pemasaran terhadap yang mampu mengatasi kendala jarak dengan industry pengolahan kelapa. Kata Kunci : Strategi, Kopra, SWOT, Parigi Moutong. |