JudulSTRATEGI PENGEMBANGAN USAHA ABON IKAN PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) BANUA LESSE KOJO DI DESA TOMBIANO KECAMATAN TOJO BARAT KABUPATEN TOJO UNA-UNA |
Nama: KRISTYE ALFRIANI RAHO |
Tahun: 2023 |
Abstrak RINGKASAN Kristye Alfriani Raho (E321 16 170) Strategi Pengembangan Usaha Abon Ikan Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Banua Lesse Kojo, (Dibimbing oleh Ali Akrab, dan Dewi Sartika Laurencia Br Manurung, 2023) UMKM Banua Lesse Kojo merupakan salah satu usaha yang bergerak dibidang agroindustri yang memanfaatkan ikan cakalang sebagai bahan baku utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang tepat dalam pengembangan usaha Abon Ikan pada UMKM Banua Lesse Kojo di Desa Tombiano. Penentuan responden dilakukan secara FGD (Focus Group Discussion) adalah teknik pengumpulan data dengan tujuan menemukan makna sebuah tema menurut pemahaman sebuah kelompok. Jumlah responden yang diwawancarai sebanyak 15 orang responden dipilih dari pihak-pihak internal dan eksternal. Pihak internal terdiri dari 1 orang pimpinan dan 2 orang karyawan, sedangkan untuk pihak eksternal terdiri dari 4 orang reseller dan 8 orang konsumen. Analisis yang digunakan dalam penlitian adalah analisis SWOT. Hasil kualitatif antara faktor internal dan faktor ekternal yang berada pada UMKM Banua Lesse Kojo titik tersebut dapat dijadikan acuan dalam menentukan perumusan strategi dilihat dari sisi letak kuadrannya. Berdasarkan hasil pembobotan dapat disimpulkan bahwa total skor faktor internal dari pengurangan total faktor kekuatan dan faktor kelemahan sebagai sumbu X yaitu sebesar (-0,36), sedangkan total faktor eksternal yang merupakan hasil pengurangan antara total faktor peluang dan faktor ancaman sebagai sumbu Y yaitu sebesar (0,41). Hasil analisis SWOT menunjukan bahwa kondisi yang tepat untuk digunakan dalam rangka pengembangan usaha abon ikan pada UMKM Banua Lesse Kojo terletak pada strategi W-O yaitu strategi yang memanfaatkan peluang eksternal dengan cara menimalkan kelemahan internal. |