JudulSTRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TAHU PADA INDUSTRI TAHU MITRA CEMANGI KOTA PALU |
Nama: DIRWAN |
Tahun: 2021 |
Abstrak Tahu sebagai salah satu makanan dari olahan kedelai yang terus berinovasi, mulai dari gorengan tahu yang dijual dipinggir jalan hingga sekarang digunakan pada menu-menu masakan direstoran besar. Masyarakat indonesia kurang minat menkomsumsi kacang kedelai langsung tampa diolah, sehingga mereka lebih menyukai produk olahannya, salah satunya adalah tahu. Penelitian ini akan dilaksanakan di industri Tahu Mitra Cemangi Kelurahan Bayoge Kecamatan Tatanga Kota Palu. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja dengan pertimbangan bahwa industri Mitra Cemangi merupakan salah satu usaha tahu yang ada dikota palu.waktu pelaksanaan pada bulan maret sampai april 2020. Penentuan responden dilakukan secara sengaja (purposive). Responden berjumlah 5 orang yaitu dari segi internal 1 Pimpinan dan 2 Karyawan dan dari segi eksternal yaitu 2 responden konsumen. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis SWOT. Total nilai yang diperoleh pada tabel IFAS yaitu sebesar 1,71 dengan skor kekuatan 2,36 dan skor kelemahan sebesar 0,65. Hal ini menunjukkan bahwa faktor kekuatan Industri Tahu Mitra Cemangi lebih besar dari faktor kelemahan, sedangkan total nilai yang yang diperoleh tabel EFAS, yaitu sebesar 1,21 dengan skor peluang sebesar 1,92 dan skor ancaman sebesar 0,71. Hal ini menunjukkan bahwa faktor peluang Industri Tahu Mitra Cemangi lebih besar dari faktor ancaman. Berdasarkan hasil dari perhitungan dari nilai rating dan bobot faktor strategi internal pengembangan usaha Industri Tahu Nitra Cemangi sebagai sumbu X yaitu 1,71, sedangkan faktor eksternal pada penge,bangan usaha Industri Tahu Mitra Cemangi sebagai sumbu Y yaitu 1,21. Strategi pengembangan yang tepat untuk Industri Tahu Mitra Cemangi adalah strategi S-O Merupakan strategi yang dapat digunakan Industri Tahu Mitra Cemangi dalam menciptakan strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada. |