JudulStrategi Pengembangan Usaha Abon Ikan Pada CV. Iyam Mandiri Dikota Palu |
Nama: INTAN NUGRAWATI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi alternatif apa yang tepat untuk diterapkan dalam pengembangan usaha abon ikan pada CV. Iyam Mandiri di Kota Palu Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive), dengan jumlah responden sebanyak 6 orang terdiri dari 1orang pimpinan CV. Iyam Mandiri, 2 orang karyawan, 1 orang konsumen, 1 orang pesaing, dan 1 orang pegawai dinas perindustrian dan perdagangan Kota Palu. Analisis yang digunakan yaitu Analisis SWOT. Berdasarkan hasil perkalian dari bobot dan rating pada faktor pengembangan usaha abon ikan tuna pada CV. Iyam Mandiri, yaitu diagram SWOT menunjukan posisi strategi untuk pengembangan usaha abon ikan tuna pada CV. Iyam Mandiri berada pada kuadran 1 yaitu pada posisi strategi SO (Strength – Opportunity), posisi ini merupakan situasi yang menguntungkan. Usaha abon ikan tuna pada CV. Iyam Mandiri memiliki kekuatan dan peluang, sehingga harus dapat Memperluas jaringan pemasaran yaitu bekerja sama dengan pemerintah dengan memanfaatkan media promosi dan kualitas produk, Memanfaatkan perkembangan kemajuan teknologi dan mempertahankan kualitas produk serta cita rasa yang khas dan memanfaatkan penggunaan modal awal sendiri dan pengalaman usaha untuk pangsa pasar luas. Memanfaatkan bantuan pemerintah berupa tempat usaha dan modal, sehingga letak usaha menjadi strategis, dan memiliki pangsa pasar luas. |