Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KOPI BUBUK PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) SIDOLE 986 DI KOTA PALU
Nama: ERVINA PATOSO
Tahun: 2023
Abstrak
RINGKASAN Ervina Patoso (E321 16 149). Strategi Pengembangan Usaha Kopi Bubuk pada UKM Sidole 986 di Kota Palu dibimbing oleh Wildani Pingkan dan Ali Akrab, 2023. Kopi merupakan minuman olahan yang memiliki nilai ekonomi yang cukup baik. Kopi Bubuk merupakan biji kopi yang sudah diproses dan digiling halus dalam bentuk butiran-butiran kecil sehimgga mudah disedu dengan air panas dan dikonsumsi. Kopi merupakan minuman yang populer dikalangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi faktor intenal (Kekuatan dan Kelemahan) dan faktor eksternal (Peluang dan Ancaman) dalam mendukung pengembangan Kopi Bubuk dan alternatif strategi apa yang dapat diterapkan dalam pengembangan usaha Kopi Bubuk pada UKM Sidole 986 di kota Palu. Penentuan responden ditentukan secara sengaja (purposive), jumlah sampel sebanyak 6 orang, yaitu pemilik UKM Sidole 986, 2 karyawan UKM, 3 orang konsumen. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan usaha Kopi Bubuk pada UKM Sidole 986 yaitu faktor internal (Kekuatan: harga terjangkau, pasar tersedia, modal awal sendiri, memiliki cita rasa yang khas. Kelemahan: promosi belum efektif, kemasan kurang menarik, keterbatasan alat-alat produksi) dan faktor eksternal (Peluang: adanya pelanggan tetap, berkembangnya media promosi, adanya dukungan pemerintah. Ancaman: adanya usaha sejenis, harga bahan baku berfluktuasi, konsumen beralih kekopi instan). Strategi alternatif yang tepat digunakan dalam mendukung dan mengembangkan usaha Kopi Bubuk pada UKM Sidole 986 yaitu dengan menggunakan strategi S-O. Straegi S-O (Strenghts-Opportunitie) atau strategi kekuatan peluang yaitu mengguakan kekuatan internal perusahaan untuk memanaatkan peluang eksternal. Kata Kunci : Strategi Pengembanga, Kopi Bubuk.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up