Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS PEMASARAN TAHU PADA INDUSTRI “UB MANDIRI” DI KOTA PALU
Nama: MOH RIZKY
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRACT This study aims to find out the data obtained and the results of the analysis that have been described previously regarding the marketing of Tofu. This research was carried out at the UB Mandiri Tofu Industry on Jalan Munifrahman, Kabonena Village, Ulujadi District, Palu City, the results of research on marketing channels in the UB Mandiri industry have two forms of marketing channels. namely: the first channel is the producer to the merchant to the retailer, and the second channel is the producer to the collector to the retailer to the consumer. In the first channel, the total margin is Rp. 167 per piece, in the second channel, the total margin is Rp. 367 per piece of tofu. According to the calculations, the share of price received by producers in the first channel is 83.3%% and the share of prices received by producers in the second channel is 69.4%. the first channel and the second most efficient channel is the first channel where the value of marketing efficiency is 10.9% compared to the second marketing channel of 9.7%. This is because the comparison of the total marketing costs incurred by the second channel is greater than the first marketing channel. Keywords: Marketing, Tofu, UB Mandiri. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu data yang diperoleh serta hasil analisis yang telah diuraikan sebelumnya mengenai pemasaran Tahu, Penelitian inidilaksanakan padaIndustri Tahu UB Mandiri di Jalan Munifrahman Kelurahan Kabonena Kecamatan Ulujadi Kota Palu, hasil penelitian saluran pemasaran pada industri UB Mandiri memiliki dua bentuk saluran pemasaran yakni : saluran pertama produsenke pedagang ke pengecer, dan saluran kedua produsen ke pedagang pengumpul ke pedagang pengecer ke konsumen.Pada saluran pertamadiperoleh total margin adalah sebesar Rp 167 per potongnya, pada saluran kedua diperoleh total margin sebesar Rp 367 perpotong tahu nya. Sesuai perhitungan yang dilakukan bahwa bagian harga yang diterima oleh produsen pada saluran pertama sebesar 83,3%?n bagian harga yang diterima oleh produsen pada saluran kedua sebesar 69,4 % .saluran pertama dan saluran yang kedua yang paling efisien adalah saluran pertama dimana nilai efisiensi pemasaran sebesar 10,9 % dibandingkan dengan saluran pemasaran kedua sebesar 9,7 %.Hal ini disebabkan perbandingan total biaya pemasaran yang dikeluarkan saluran kedua lebih besar dari pada saluran pemasaran yang pertama. Kata Kunci: Pemasaran, Tahu, UB Mandiri.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up