JudulANALISIS SALURAN PEMASARAN IKAN MUJAIR DARI DESA TOMADO KECAMATAN LINDU KABUPATEN SIGI |
Nama: SARIFAH HUMAIRA ASSAGAF |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Pemasaran Ikan Mujair umumnya dipasarkan di Palu dan sekitarnya. Harga jual ikan mujair di tingkat produsen atau nelayan di Desa Tomado pada setiap saluran jauh berbeda dengan harga yang dibayarkan oleh konsumen akhir. Perbedaan harga yang cukup tinggi antara jumlah harga yang dibayarkan oleh konsumen akhir dengan jumlah harga yang diterima nelayan diakibatkan adanya keterlibatan lembaga pemasaran dalam proses pembelian dan menyalurkan ikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui bagaimana bentuk saluran pemasaran dan besar margin pemasaran ikan mujair di Desa Tomado, (2) Bagaimana tingkat efisiensi dan harga yang diterima di tingkat nelayan di Desa Tomado. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tomado Kecamatan Lindu Kabupaten Sigi pada bulan Desember 2019. Penentuan responden dipilih dengan teknik pengambilan sampel secara acak sederhana. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin yang diperoleh 38 sampel, analisis yang digunakan yaitu analisis Margin Pemasaran M = Hp – Hb, MT = M1 + M2 + M3 +...+Mn dan analisis yang kedua yaitu analisis Efisiensi Pemasaran Eps = (TB/TNP) x 100% analisis ketiga yaitu analisis Farmers Shere Sf = Pf/Pr x 100 %. Hasil penelitian menujukan bahwa Saluran Pemasaran ikan mujair yang ada di Desa Tomado yaitu ada 2. Margin pemasaran pada saluran (I) sebesar Rp. 19.000, saluran (II) sebesar Rp. 17.000. Efisiensi pemasaran pada saluran (I) sebesar 2,33 %, saluran (II) sebesar 3,60 %. Sedangkan bagian harga yang diterima nelayan atau Farmers Shere pada saluran (I) sebesar 24 % sedangkan pada saluran (II) sebesar 32 %. Kata Kunci: Efisiensi, Nelayan Ikan Mujair, Pemasaran |