JudulStrategi Pemasaran Cokelat Sulteng Di Rumah Cokelat Kota Palu |
Nama: MULTAZAM |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal apa saja yang mempengaruhi strategi pemasaran Cokelat Sulteng di Rumah Cokelat dan menganalisis strategi alternative untuk meningkatkan pemasaran produk cokelat sulteng di Rumah Cokelat. Responden berjumlah 9 orang, yaitu ketua UPT Pengembangan Produk Industri Pangan dan Kerajinan (P2IPK) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah, kepala tata usaha produk pangan, kepala seksi produk pangan, 3 staf bagian teknis dan 1 staf bagian promosi dan 2 konsumen. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskripsi dan analisis SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa Faktor yang mempengaruhi internal Rumah Cokelat yaitu, bahan baku fermentasi, rasa khas, teknologi, tenaga kerja, harga , promosi dan distribusi. Faktor eksternal yaitu Kompetitor, dukungan pemerintah, tingkat kepercayaan, harga, dan kesediaan bahan baku. Strategi pemasaran di Rumah Cokelat berada pada strategi SO yaitu kuadran I, di mana pada posisi ini memanfaatan peluang yang ada dengan cara menggunakan kekuatan yang dimiliki. Alternative strategi yaitu (a) Mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk dengan tekhnologi yang ada dan memanfaatkan peluang agar dapat meningkatkan pemasaran Rumah Cokelat dan menjadi produk unggulan Sulawesi Tengah. (b)Memperluas jaringan pemasaran yaitu mengefektifkan dukungan pemerintah dengan kekuatan rasa dan kualitas produk yang baik. |