Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS PEMASARAN BERAS DI DESA TONGGOLOBIBI KECAMATAN SOJOL KABUPATEN DONGGALA
Nama: ILHAMSYAH
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRACT This study aims to find out the rice marketing channel in Tonggolobibi Village, the amount of marketing margin obtained by each marketing agency in each rice marketing channel, the amount of price received by farmers in each rice marketing channel, and know the efficiency of rice marketing in Tonggolobibi Village. This research was conducted in Tonggolobibi Village, Sojol District, Donggala Regency. Taking as many as 41 respondents from 500 farmers using simple random sampling method, and to determine the respondents traders used Snowball Sampling as many as 7 traders and 6 consumers.The results showed that there are three marketing channels in Tonggolobibi Village that are the most efficient marketing channels. The total marketing margin of rice in channel I is Rp.1,300.00, channel II is Rp.1,800,00, and channel III is Rp.2,800.00. The price received by farmers in channel I is 85,05%, Channel II is 80,43% and channel III is 72,54%, so the largest price received by farmers is on channel I. Channel I is 6,75?ficiency value, channel II is 10,13?ficiency value, and channel III efficiency value is 14,86%, of the three rice marketing channels the most efficient marketing channel is channel I. Keywords :Marketing, rice, marketing margin, farmer’s share, marketing efficiency. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui saluran pemasaran beras di Desa Tonggolobibi, besarnya margin pemasaran yang diperoleh setiap lembaga pemasaran pada masing-masing saluran pemasaran beras, besarnya bagian harga yang diterimah oleh petani pada masing-masing saluran pemasaran beras, dan mengetahui efesiensi pemasaran beras di Desa Tonggolobibi.Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tonggolobibi Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala. Mengambil sebanyak 41 responden dari 500 KK dengan menggunakan metode sampel acak sederhana (Simple Random Sampling Method), dan untuk menentukan responden pedagang digunakan metode bola salju (Snowball Sampling) sebanyak 7 orang pedagang dan 6 orang konsumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran yang ada di Desa Tonggolobibi yang paling efesien adalah saluran pemasaran pertama. Total margin pemasaran beras pada saluran I sebesar Rp.1.300,00, saluran II sebesar Rp.1.800,00,dan saluran III sebesar Rp.2.800,00. Bagian harga yang diterima petani pada saluran I yaitu sebesar 85,05%, saluran II yaitu sebesar 80,43?n saluran III sebesar 72,54%, sehingga bagian harga yang paling besar diterima petani adalah pada saluran I. Saluran I nilai efesiensinya 6,75%, saluran II nilai efesiensinya 10,13%, dan saluran III nilai efesiensinya 14,86%, dari ketiga saluran pemasaran beras tersebut saluran pemasaran yang paling efesien adalah saluran I. Kata Kunci :Pemasaran, beras, margin pemasaran, farmer’s share, efesiensi pemasaran.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up