JudulANALISIS PEMASARAN KAKAO DI DESADOLAGO KECAMATANPARIGI SELATAN KABUPATEN PARIGI MOUTONG |
Nama: REXSI ARDIYANTO |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTARCT This report aims to review the shape of a channel marketing , the margin marketing , part of the prices of farmers marketing and efficiency cocoa in the village dolago in southern district parigi parigi moutong .Study was conducted on the moon septenber november 2019 in the village dolago in southern district parigi parigi moutong .The analysis showed that the marketing marketing cocoa in the village dolago through two channels marketing: analysis of the margin marketing cocoa 1 the channel mt = rp.5.000 / kg while the both the mt = rp.1.500 / kg .Part of the prices of farmers cocoa the 1 a month 81,48 % , while the second a month 94,44 % .Efficiency of the first marketing of 5,92 % , while the efficiency of to channel ii was in 3,70 % , so from both the channel , the most efficient namely the second with the efficiency of 3,70 % . ~ Keywords: Efficiency, Price, Consumer, Margin, Trader ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian harga yang diterima petani serta efisiensi pemasaran kakao di Desa Dolago Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Septenber sampai dengan November 2019 di Desa Dolago Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong. Hasil analisis pemasaran menunjukan bahwa saluran pemasaran kakao di Desa Dolago melalui dua saluran pemasaran yaitu:Hasil analisis margin pemasaran kakao saluran 1 yaitu MT = Rp.5.000/Kg sedangkan saluran kedua yaitu MT = Rp.1.500/Kg. Bagian harga yang diterima petani kakao pada saluran 1 yaitu sebesar 81,48 %, sedangkan pada saluran kedua yaitu sebesar 94,44 %. Efisiensi pemasaran pada saluran pertama sebesar 5,92 %, sedangkan nilai efisiensi untuk saluran II adalah sebesar 3,70%, sehingga dari kedua saluran tersebut, saluran yang paling efisien yaitu saluran kedua dengan nilai efisiensi sebesar 3,70%. Kata Kunci : Efisiensi, Harga, Konsumen, Margin, Pedagang. |