JudulANALISIS PEMASARAN BAWANG MERAH DI DESA BANYUSARI KECAMATAN LORE UTARA KABUPATEN POSO |
Nama: DWI KURNIAWAN SAMPALI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasran, margin pemasran, bagian harga yang di terima petani dan efisiensi pemasran bawang merah di desa banyusari kecamatan lore utara kabupaten poso. Penelitian ini di laksanakan pada bulan oktober sampai dengan november 2021. Metode yang di gunakan yaitu metode sensus dengan 29 petani bawang merah. Selain itu untuk menentukan responden pedagang di gunakan metode SNOWBALL SAMPLING sehingga di peroleh 2 pedagang pengumpul dan 5 pedagang pengecer. Hasil analisis pemasaran menunjukan bahwa saluran pemasaran bawang merah di desa banyusari terdapat dua saluran pemasaran. Margin saluran I yaitu Rp.3.743 dan margin saluran II yaitu Rp.1.995. bagian harga yang di terima oleh prosdusen pada saluran I sebesar 85,028% sedangkan bagian harga yang di terima oleh produsen pada saluran II sebesar 60,014%. Efisiensi pemasran saluran I lebih efisien di banding dengan saluran II. |