JudulANALISIS PEMASARAN TERIPANG DI DESA POMOLULU KECAMATAN BALAESANG TANJUNG KABUPATEN DONGGALA |
Nama: RULI ANGGARA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian harga yang diterima petani (nelayan) serta efisiensi pemasaran teripang di Desa Pomolulu Kecamatan Balaesang Tanjung Kabupaten Donggala. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan November 2020 di Desa Pomolulu Kecamatan Balaesang Tanjung Kabupaten Donggala. Responden yang dijadikan sampel terdiri dari produsen teripang, pedagang dan pengumpul pedagang besar. Pengambilan sampel produsen teripang dilakukan dengan menggunakan metode sensus yaitu dengan mengambil jumlah keseluruhan terhadap semua nelayan aktif sebanyak 40 nelayan yang ada di Desa Pomolulu. kemudian pengambilan sampel pedagang dilakukan dengan cara metode penjajakan (Tracing Sampling Methode) sehingga diperoleh sebanyak 2 orang pedagang pengumpul, 1 orang pedagang besar. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis pemasaran yaitu saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian harga yang diterima petani dan efisiensi pemasaran. Hasil analisis pemasaran menunjukan bahwa saluran pemasaran teripang di Desa Pomolulu melalui dua saluran pemasaran yaitu Nelayan- Pedagang pengumpul-Pedagang besar, Nelayan-Pedagang besar. Hasil analisis margin pemasaran teripang saluran 1 yaitu MT = Rp.3.500/Kg sedangkan saluran kedua yaitu MT = Rp. 1.500/Kg. Bagian harga yang diterima petani (nelayan) Teripang pada saluran 1 yaitu sebesar 88,89 %, sedangkan pada saluran kedua yaitu sebesar 96,66 %. Efisiensi pemasaran pada saluran pertama sebesar 3,55%, sedangkan nilai efisiensi untuk saluran II adalah sebesar 2,22%, sehingga dari kedua saluran tersebut, saluran yang paling efisien yaitu saluran kedua dengan nilai efisiensi sebesar 2,22%. Kata Kunci: Teripang, Pemasaran, Efisiensi Pemasaran |