JudulANALISIS PEMASARAN CABAI RAWIT DI DESA ASTINA KECAMATAN TORUE KABUPATEN PARIGI MOUTONG |
Nama: RENI ANGGREANI |
Tahun: 2019 |
Abstrak Cabai rawit merupakan salah satu jenis komoditas sayuran yang dibudidayakan, dikembangkan, dan dikonsumsi oleh masyarakat luas untuk pemenuhan kebutuhan. Cabai rawit menjadi salah satu jenis cabai yang banyak dikonsumsi sebagai bahan bumbu masakan. Konsumsi yang tinggi membuat petani harus meningkatkan produksi cabai rawit merah agar selalu dapat memenuhi permintaan pasar yang terus mengalami peningkatan. Hasil penelitian yang dilakukan margin pemasaran cabai rawit yang diperoleh di Desa Astina pada saluran pertama yaitu sebesar Rp.5.000/Kg, sedangkan margin pemasaran cabai rawit yang diperoleh pada saluran kedua yaitu sebesar Rp.12.500/Kg. Bagian harga yang diperoleh petani dari pemasaran cabai rawit pada saluran pertama yaitu sebesar 0,80%, sedangkan bagian harga yang diterima petani pada saluran kedua yaitu sebesar 0,58%, saluran yang paling menguntungkan bagi petani yaitu saluran pertama dengan bagian harga yang diperoleh sebesar 0,8%. Efisiensi pemasaran cabai rawit di Desa Astina pada saluran pertama diperoleh hasil sebesar 1,23?n saluran kedua diperoleh hasil sebesar 2,94%, sehingga dari kedua saluran tersebut, saluran yang paling efisien yaitu saluran pertama dengan nilai efisiensi sebesar 1,23%. Kata Kunci: Analisis Pemasaran, Cabai Rawit. |