Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS PEMASARAN JAGUNG HIBRIDA DI DESA ROGO KECAMATAN DOLO SELATAN KABUPATEN SIGI
Nama: LINDA FIRANI
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, berapa margin pemasaran dan bagian harga yang diterima petani serta efisiensi pemasaran jagung hibrida di Desa Rogo Kecamatan Dolo Selatan Kabupaten Sigi. Penelitian ini di laksanakan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2019. Penentuan responden dilakukan dengan metode sampel acak sederhana (simple random sampling method) sebanyak 42 petani dari total populasi 71 petani yang mengusahakan komoditi jagung hibrida kemudian mengambil sampel pedagang dilakukan dengan cara metode penjajakan (Tracing sampling) sehingga didapat 1 responden padagang pengumpul, 2 pedaganag pengecer. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis pemasaran yaitu saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian harga yang diterima petani, dan efisiensi pemasran. Hasil analisis pemasaran menunjukan bahwa saluran pemasaran jagung hibrida di Desa Rogo Kecamatan Dolo Selatan Kabupaten Sigi melalui dua saluran yaitu : a. Petani - Pedagang Pengecer -Konsumen; dan b. Petani - Pedagang Pengumpul - Pedagang Pengecer - Konsumen. Hasil analisis margin pemasaran jagung hibrida saluran I adalah sebesar Rp. 3.600 dan saluran II sebesar Rp. 4.900, bagian harga yang diterima petani seluran I sebesar 50%, sedangkan saluran II 42%. Efisiensi pemasaran untuk saluran 1 Sebesar 0,33%, sedangkan saluran II 0,37%. Sehingga dari dua saluran tersebut, saluran yang paling efisien yaitu saluran pertama dengan nilai efisiensi sebesar 0,33%.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up