JudulFAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KONSUMEN TERHADAP PERMINTAAN BUAH NAGA DI KOTA PALU |
Nama: LINDASARI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi konsumen terhadap permintaan buah naga Kota Palu. Penelitian ini dilakukan bulan Juli sampai Agustus 2019 di Kota Palu. Penentuan responden dilakukan menggunakan sampling aksidental dengan jumlah sampel sebanyak 30 konsumen buah naga. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Berganda dengan menggunakan uji F (Simultan) dan uji T (Parsial). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Hasil uji F menunjukkan bahwa nilai F-hitung (2,873) > F-tabel (2,055) berarti secara bersama-sama semua variabel yaitu variabel Harga buah naga(X1), harga buah lain (X2), pendapatan (X3) dan umur (X4) memberikan pengaruh nyata terhadap permintaan buah naga. Hasil uji t, regresi diperoleh variabel yang berpengaruh nyata terhadap permintaan buah naga adalah variabel harga buah naga(X1) dan pendapatan(X3), dimana kedua variabel tersebut memiliki nilai signifikansi lebih kecil dari tingkat kesalahan sebesar 5%, sedangkan variable harga buah lain (X2) dan umur (X4) merupakan variabel yang memiliki nilai signifikansi lebih besar dari tingkat kesalahan sebesar 5%, oleh sebab itu variabel harga buah lain dan umur tidak memberikan pengaruh nyata kepada variabel terikatnya. |